DKP Kalsel Kampanyekan Gemar Makan Ikan Melalui Lomba Masak

BANJARMASIN – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar lomba masak serba ikan ke-19 yang diikuti 13 kabupaten/kota se-Kalsel serta Pengukuhan Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Provinsi Kalsel periode 2022-2025, Kamis (20/10) lalu.

Kepala DKP Kalsel, Rusdi Hartono mengatakan, kepengurusan FORIKAN Kalsel terdiri dari lintas sektoral untuk bersinergi dengan semua pihak dalam mengampanyekan gemar konsumsi ikan.

“Peningkatan konsumsi ikan juga sebagai upaya pengendalian   stunting   di Kalsel,” kata Rusdi, Banjarmasin, Sabtu (22/10/22).

Pengukuhan FORIKAN Kalsel ini juga sekaligus menutup kegiatan lomba masak ikan tingkat Kalsel. Pemenang kategori menu kudapan adalah Kabupaten Kotabaru, kategori menu balita dari Kabupaten Tanah Bumbu dan kategori menu keluarga pemenang dari Kabupaten Hulu Sungai Utara.

“Ketiganya pemenang lomba masak ikan akan mewakili Kalsel pada ajang lomba masak ikan tingkat nasional pada 2022,” ucap Rusdi.

Sementara itu, Kepala Bidang Budidaya Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan DKP Kalsel, Wahdah menyebutkan, karena tahun 2021 tidak ada perlombaan masak ikan, maka pada 2022 ini disandingkan supaya ada nilai objektif.

“Artinya kami tidak mengada-ada untuk semua penilaian, itulah hasil terbaik dari juri untuk mewakili Kalsel nanti lomba masak tingkat nasional di Kota Palu,” ucap Wahdah.

Wahdah menambahkan, untuk lomba tingkat nasional adalah memperkenalkan hasil masakan TP PKK dan memperkenalkan bahan baku dasar khas potensi daerah masing-masing.