Inspiratif, Meski di Penjara Ratusan Narapidana Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Rutan Tanah Grogot, Senin (2/10/23).

TANA PASER (INDONESIAKINI.id) – Ada hal unik saat pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 di lingkungan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanah Grogot, Senin (2/10/23).

Bukan hanya petugas, tampak juga Ratusan Narapidana atau biasa yang disebut Warga Binaan Pemasyarakatan dengan penuh semangat mengikuti jalannya kegiatan.

Mulai dari Perwakilan Blok Bougenville, Blok Cendana, Blok Dahlia, Blok Ethiopia, hingga blok Melati, para warga binaan sangat antusias.

Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad mengatakan hal ini merupakan bagian dari program pembinaan Rasa Cinta Tanah air.

“Hari Kesaktian Pancasila mempunyai makna sebagai momentum untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan meneguhkan kembali Pancasila sebagai ideologi bangsa, untuk itu kita masukkan ini kedalam Standar Program pembinaan bagi Warga binaan,” terang Bayu dalam keterangannya, Senin (2/10/23).

Hal senada juga diutarakan Mustofa, salah satu Warga Binaan yang turut serta melaksanakan Upacara, menurut nya Rutan Tanah Grogot memberikan kesempatan dirinya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

“Kami semua senang bisa ikut melaksanakan upacara, hati saya gemetar begini ternyata rasanya ikut upacara,” ucapnya.

Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara, dengan mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa, Menuju Indonesia Maju”, Bayu berharap melalui pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi bahan muhasabah diri bagi seluruh jajaran Rutan Tanah Grogot.

“Saya berharap semoga dengan ini, dapat merenungi diri, meneguhkan, dan mengokohkan tekad melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia dari rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri atau hal lainnya yang berniat meruntuhkan Pancasila sebagai ideologi bangsa,” tandasnya. (Tr)