Daerah, NTT  

Pemdes Lasaen Resmi Membangun 49 Unit Sumur Bor Menggunakan DD Tahun Anggaran 2023

MALAKA (DURASI.co.id) – Pemerintah Desa Lasaen, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka telah membangun 49 unit sumur bor air bersih dari 37 perencanaan, menggunakan dana desa tahun anggaran 2023.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Lasaen, Fransiskus Seran, kepada media IndonesiaKini.Id, Minggu, 08 Oktober 2023.

“Kami bangun 49 unit sumur bor dari 37 perencanaan di 8 dusun yang berada dalam desa Lasaen dalam rangka memenuhi kebutuhan akan air bersih dan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, sejahtera, terlebih dalam menekan angka stunting serta mengatasi kekeringan di musim kemarau,” kata Fransiskus.

Ia menambahkan, pembangunan sumur bor air bersih tersebut, terletak di 8 Dusun yakni Dusun Lasaen, Dusun Umakitar, Dusun Besuri, Dusun Bekolo, Dudun Katara, Dusun Umamota, Dusun Kakeularan, Dusun Fafoeklaran.

Fransiskus juga mengakui, alasan dibangunnya sumur bor, dikarenakan banyak keluhan dari masyarakat setempat atas kurangnya ketersediaan air bersih.

“Bagi saya, pembangunan sumur bor air bersih merupakan suatu bentuk tindakan nyata dari Pemdes Lasaen terhadap permasalah air bersih yang selama ini dikeluhkan masyarakat setempat,” lanjutnya.

Ia pun menambahakan bahwa sebenarnya dalam perencanaan pembuatan sumur bor hanya 37 titik namun pada saat terlaksananya pembangunan sumur bor air bersih yang terealisasi 49 titik tersebar di 8 dusun se-Desa Lasaen.

“Saya tidak tega melihat masyrakat terus mengeluh dimana pada saat kami membangun sumur bor air bersih ada beberapa masyarakat yang datang meminta juga agar bisa mendapatkan sumur bor air bersih,” kata Fransiskus.

Ia menambah, di saat itulah dirinya harus mengambil keputusan, memutar otak dan mencari solusi agar mereka juga bisa mendapatkan sumur bor air bersih dengan cara apapun.

“Mereka semua adalah masyarakat saya, dan mereka semua adalah keluarga saya. Dari mereka lah saya punya semangat untuk membangun dan akan terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat Desa Lasaen,” tutup Fransiskus.