Sumatera Selatan Diguyur Hujan 1,5 Jam, Sejumlah Wilayah di Kota Palembang Tergenang Banjir

Sumatera Selatan http://Indonesiakini.id
Diguyur Hujan 1,5 Jam, Sejumlah Wilayah di Kota Palembang Tergenang Banjir

Hujan deras yang mengguyur Kota Palembang, Sumatera Selatan selama 1,5 jam membuat sejumlah titik jalan utama banjir. Salah satunya di simpang lampu merah Jalan Demang Lebar Daun.
Banjir yang terjadi di seberang RSI Siti Khadijah itu membuat lalu lintas macet. Banyak kendaraan roda dua yang mogok ketika berada digenangan air setinggi betis orang dewasa tersebut. Ada pula yang pilih putar balik melawan arah karena tak berani ambil risiko.
“Mogok karena nekat lewatin banjir. Ini lagi dicoba engkol terus nggak nyala-nyala,” ujar Andi Ardiansyah, salah satu pengendara sepeda motor jenis matik yang mogok usai melintasi banjir, Sabtu (30/12/2023).
Setidaknya, ada belasan kendaraan yang menepi karena mogok usai melintas di jalan yang banjir tersebut. Sementara pada sisi jalur jalan di sebelahnya tak ada genangan air. Hal itu, lantaran ada pembatas jalan yang membuat genangan dari sisi lain tidak mengalir.
Padahal, di sebelah lokasi itu terdapat kolam retensi sebagai antisipasi banjir di sekitaran wilayah itu.
Seorang warga yang ditemui di lokasi, Andre menambahkan, ketika drainase sudah tidak bisa menampung air, jalur dari arah Griya Agung ke simpang lampu merah itu selalu banjir.
Pada titik lain di Jalan Demang Lebar Daun, banjir juga terjadi di arah SPBU menuju Simpang Parameswara. Drainase di jalan itu diduga tersumbat sehingga membuat genangan hingga ke jalan.
Di Simpang Polda, tepat di depan RM Sederhana juga terdapat genangan di samping trotoar. Hal itu membuat sejumlah kendaraan memakai lajur paling kanan yang tidak terlalu dalam.

Pantauan di titik lain, seperti di Jalan Sosial juga terdapat 2 titik banjir. Di lokasi itu, sejumlah petugas PU dan Penataan Ruang Palembang telah berada di lokasi membersihkan drainase. Setidaknya, ada 2 titik banjir di jalan tersebut.
Tidak jauh dari situ, banjir di jalan juga terjadi di Jalan Mayor Zurbi Bustan. Di jalan ini juga terdapat 2 titik banjir. Banyak yang memilih alternatif jalan lain ketimbang ambil risiko kendaraan macet terobos jalur tersebut.
Sementara itu, Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Palembang, Ahmad Bastari Yusak mengatakan, sejumlah petugas PUPR Palembang langsung diterjunkan ke sejumlah titik banjir.
“Petugas sudah di lokasi tapi memang hujan lebat merata di wilayah Kota Palembang bersamaan dengan pasangnya air di Sungai Musi setinggi 4 meter,” ujarnya saat dikonfirmasi.