Live Streaming Jadi Trend Baru Dalam Memasarkan Produk

Metal Caffe, MBF CAFFE

Oleh : Ardyan Rakya
CEO ; Platform Live Streaming

Di masa awali dengan adanya wabah pandemi seperti sekarang, bisnis jadi semakin berkembang, pola konsumsi dan tren di masyarakat pun berubah. Banyak orang terkoneksi secara digital sehingga hal tersebut dapat menjadi peluang baru, bisnis bisa dilakukan melalui pemanfaatan platform digital sebagai sarana menjangkau calon pembeli. Tidak menguras waktu dan tenaga, modal yang diperlukan hanya sebuah smartphone. Pemanfaatan platform digital misalnya dengan menggunakan media sosial ataupun e-comerse.

Belanja di internet sudah bukan hal baru lagi, seperti kebiasaan umum yang biasa terjadi. Orang-orang akan mencari informasi sebelum membeli produk apa pun, termasuk produk Anda. Dari sisi bisnis, menghadirkan pemasaran online dengan cara yang tepat adalah bagian dari perubahan sebagai wujud dari bentuk penyesuaian diri terhadap perkembangan.

Tahukah Anda, jika calon pembeli lebih tertarik menonton video Live Streaming daripada membaca? Penelitian terbaru dari Livestream.com menemukan bahwa 80% orang lebih suka menonton video secara langsung dari sebuah brand daripada membaca tulisan dari brand tersebut. Jika Anda belum pernah mencoba Live Streaming, inilah kesempatan Anda agar lebih dekat dengan konsumen.

Platform live streaming kini jadi primadona sebagai alat promosi penting untuk mendorong konversi pesanan sekaligus menciptakan pengalaman live streaming demi meningkatkan interaksi pelanggan. Belanja ditambah konten live streaming dapat meningkatkan interaksi langsung antara merek dan konsumen. Selain itu penerapan live streaming yang kreatif tidak hanya berhasil menarik minat masyarakat, melainkan mitra bisnis untuk bergabung dalam berbagai platform live streaming sebagai tindakan mengikuti tren digital populer.

Kelebihan menggunakan live streaming untuk menarik perhatian konsumen memang perlu diketahui. Apalagi untuk Anda yang ingin meningkatkan penjualan melalui digital marketing. dengan adanya fitur live streaming baik di sosial media, e-commerse maupun platform streaming kita bisa menikmati suatu konser atau jadi bagian dari sebuah acara hanya melalui internet yang terpasang di rumah ataupun di gadget kita. Perlu diketahui bahwa tidak sedikit brand-brand yang memperluas marketnya menggunakan fitur yang satu ini. Live streaming dijadikan sebagai alat promosi, pemasaran dan penjualan karena memang memiliki banyak kelebihan untuk menarik perhatian konsumen.

Apa saja kelebihannya? Berikut di antaranya :

1. Live streaming memberikan cara terkonseksi baru

Ini adalah cara terbaru untuk terkoneksi antara brand ke pengguna internet untuk bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Melalui livestreaming ini pengguna bisa langsung bertanya atau memberi masukan ke pihak brand sehingga terjalin hubungan yang baik antara brand dan konsumen.

2. Live streaming lebih mudah dan hemat biaya

live streaming tidak membutuhkan biaya yang besar karena bisa diakses hanya dengan smartphone  , dan tidak membutuhkan alat-alat yang mahal.

3. Menjangkau banyak calon konsumen

Jika sebagian besar calon konsumen Anda merupakan generasi milenial, maka memilih menggunakan live streaming untuk promosi produk Anda sangat tepat. Karena kebanyakan generasi milenial banyak yang menggunakan dan menonton fitur live streaming ini.

PERINGATAN !!! hak cipta dilindungi undang-undang