Habiskan Anggaran Miliaran Rupiah Dalam Bimtek KPPS Aceh Timur

Foto : Istimewa/KPPS/Aceh Timur

ACEH TIMUR (INDONESIAKINI.id) – Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur, M Riza, mengatakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu 2024 menghabiskan anggaran miliaran rupiah dalam hal tersebut.

Anggaran ini, katanya sesuai dengan alokasi dana yang ditetapkan.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Aceh Timur mengatakan “Kita berharap dana yang dihabiskan itu dapat meningkatkan kapasitas KPPS dengan maksimal,” Minggu, 28 Januari 2024.

M Riza menjelaskan alokasi dana miliaran rupiah yang dihabiskan itu disalurkan kepada 24 kecamatan di Aceh Timur. Baik untuk tranportasi hingga berbagai keperluan lainnya.

“Pelatihan KPPS di Aceh Timur dilakukan secara serentak selama empat hari. Mulai 26 s/d 29 Januari 2024.” Sebut M Riza.

“Dalam pelatihan ini kita melibatkan 120 orang narasumber yang diperbantukan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” sebutnya.

M Riza turut menjelaskan kegiatan pelatihan itu narasumber merupakan PPS dari desa masing-masing. Namun PPS meminta PPK untuk membantu agar memperoleh hasil yang maksimal.

“Walaupun ada ada juga PPS yang melakasanakan bimtek sendiri,” kata dia.

Jumlah KPPS di Aceh Timur Berdasarkan data KIP setempat mencapai 8. 764 orang. Mereka ditempatkan pada 1.252 tempat pemungutan suara.

M Riza mengingatkan agar penyelenggara pemilu, baik PPK, PPS dan KPPS menjaga netralitas dan menghindari konflik kepentingan dengan semua pihak.