Sesuai Kesepakatan Bersama, 137 Imigran Rohingya Dikembalikan Ke Laut

Foto : 137 Imigran Rohingya Dikembalikan/ini kesepakatan bersama.

ACEH TIMUR (INDONESIAKINI.id) – Imigran Rohingya berjumlah 137 orang yang mendarat di pantai Kuala parek, sungai Raya, Aceh Timur tadi pagi, dikembalikan ke laut untuk melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan. Kamis, (01 Februari 2024).

Kepala Desa Kuala parek Syharial Abdullah mengatakan, “Ini kesepakatan bersama, kita juga tidak sanggup menampung, maka dari itu kita beri logistik imigran ini dan kemudian kita kembalikan ke kapal untuk berlayar ketempat yang akan ditujunya,” ungkapnya.

Sebelum dikembalikan, warga setempat juga menyediakan sejumlah logistik bahkan diperiksa kesehatan dan membantu minyak kapal mereka.

“Secara kemanusian kita sudah memberikan yang terbaik, mulai dari makan hingga obat-obatan dan tim medis, hingga minyak kapal mereka. Jika sudah selesai maka akan kita kembalikan secepatnya ke laut dengan menggunakan kapal yang ditumpanginya,” lanjut Syahrial.

Salah satu warga setempat, dela menuturkan “Kemungkinan besar nanti malam mereka kami tolak kembali ke laut, kalau mereka tidak mau, Kami terpaksa memaksa mereka”.

Menurutnya, tujuan utama mereka ada negeri Jiran, Malaysia. Indonesia hanya sebatas transit saja.

“saat ini kapal mereka sedang di tarik ke pesisir lantaran terbawa gelombang ke tengah laut,” tutup dela.