Jatim  

Satlantas Polres Lumajang Deklarasi Zero Knalpot Brong di SMKN 2 Lumajang

Satlantas Polres Lumajang Goes To School Berantas Knalpot Brong

LUMAJANG, (INDONESIAKINI.id) – Berbagai upaya dilakukan Satlantas Polres Lumajang untuk mencegah dan memberantas penggunaan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis kendaraan di jalan umum. Salah satunya melaksanakan sosialisasi dan Deklarasi zero knalpot tidak sesuai spesifikasi yang dilaksanakan Satuan Lalu Lintas Polres Lumajang di depan ratusan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Lumajang.

Sosialisasi digencarkan sebagai upaya preventif guna menciptakan suasana berlalu lintas yang aman nyaman dan lancar di wilayah

Kasatlantas AKP Suwarno turut hadir saat sosialisasi, menjelaskan pencegahan penggunaan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis ini menjadi salah satu upaya dari Polres Lumajang. Pihaknya mengedukasi warga masyarakat khususnya di kalangan pelajar untuk tidak lagi menggunakan knalpot kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi teknis.

“Kita melaksanakan deklarasi zero kenalpot tidak sesuai spesifikasi teknis kepaqda adik-adik pelajar SMKN 2 Lumajang,” ujar Suwarno.

Kegiatan sosialisasi kenalpot tidak sesuai spesifikasi teknis, Satlantas Polres Lumajang sudah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan serta kepala sekolah untuk membentuk karakter yang baik berlalulintas.

“Kami masih melihat pelanggaran-pelanggaran banyak dilakukan kalangan pelajar,” jelasnya.

Suwarno mengungkapkan, sasaran pelajar, karena ini generasi anak muda dan data status umur fatalitas kecelakaan di kabupaten Lumajang didominasi pelajar.

“Sesuai data anev pelajar menjadi korban laka lantas di Kabupaten Lumajang setiap bulan ada 50 persen,” ujarnya.

Suwarno menjelaskan, ini adalah bentuk langkah langkah dari Dirlantas Polda Jatim dalam rangka Mahameru lalulintas, agar patuh taat pada peraturan berlalulintas.

“Inilah yang perlu ditanamkan sejak dini. Kita tanamkan aturan, supaya betul-betul punya simpati dan tanggung jawab memiliki aturan lalu lintas di jalan,” jelasnya.

Disis lain, Kepala Sekolah Lilik Majidatut Zahro M.Pd mengucapkan terima kasih kepada Satlantas Polres Lumajang yang telah membantu memberikan ilmu kepada seluruh peserta didik SMKN 2 Lumajang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran satlantas yang mana sudah memberikan ilmu pada anak anak kami termasuk kegiatan yang ada di sekolah LDK untuk OSIS tim TPPK, TKS dan ekstra kulikuler,” ucapnya.

(yet/Put/hum)