Lilik Hendarwati, Satu-satunya Caleg Perempuan yang Lolos DPRD Provinsi Dapil Jatim 1

Perempuan yang juga menjabat sebagai bendahara DPW PKS Jatim tersebut sebelumnya masuk dalam Komisi C di DPRD Jatim.

SURABAYA | Delapan calon legislatif (caleg) DPRD Provinsi Jatim dari Daerah Pilihan (Dapil) Jatim 1 Kota Surabaya sudah bisa dipastikan lolos. Satu-satunya caleg perempuan yang lolos yaitu Lilik Hendarwati.

Berdasarkan hasil rekapitulasi pemungutan suara tingkat provinsi oleh KPU Jatim, PDI Perjuangan menjadi paling unggul di dapil neraka dengan perolehan 298.050 suara. Lalu, disusul Gerindra dengan 261.974 suara dan PKB yang mendapat 193.968 suara. Alhasil, PDI Perjuangan mendapat jatah dua kursi dari Dapil Jatim 1.

Sisanya, Partai Gerindra, PKB, Golkar, Demokrat, PKS, dan PSI masing-masing mendapat jatah satu kursi.

Daftar Delapan Nama yang Lolos ke DPRD Jatim 1 Kota Surabaya:

1. Yordan Batara Goa (PDIP) 53.028 suara

2. Cahyo Harjo Prakoso (Gerindra) 94.149 suara

3. Musyafak (PKB) 60.951 suara

4. Lilik Hendarwati (PKS) 57.534 suara

5. Erick Komala (PSI) 41.320 suara

6. Blegur Prijanggono (Golkar) 47.714 suara

7. Rasiyo (Demokrat) 31.142 suara

8. Fuad Bernardi (PDIP) 42.981 suara.

Menariknya, Lilik Hendarwati, satu-satunya caleg perempuan yang masuk dalam delapan nama di Dapil Jatim 1 Kota Surabaya. Lilik merupakan caleg incumbent yang sebelumnya juga menjabat sebagai anggota DPRD Jatim periode 2019-2024.

Perempuan yang juga menjabat sebagai bendahara DPW PKS Jatim tersebut sebelumnya masuk dalam Komisi C di DPRD Jatim.

Dari PDI Perjuangan, Batara kembali menduduki kursinya di DPRD Jatim. Sementara satu caleg PDI Perjuangan Fuad Bernardi merupakan wajah baru di kursi Indrapura. Dia merupakan putra dari mantan wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Pendatang baru juga hadir dari Gerindra Cahyo Harjo yang merupakan putra dari Bambang Hari Soekartono (BHS). BHS sendiri juga tahun ini dipastikan terpilih sebagai anggota DPR RI.

Sementara dari PKB diduduki oleh M. Musyafak, lalu Golkar dimiliki Blegur Prinanggono, dan Demokrat didapat oleh Rasiyo. PSI di jajaran DPRD Provinsi Jatim pada periode 2024-2029 hanya mendapat jatah satu kursi. Dan itu dimiliki oleh Erick Komala dari Dapil Jatim 1.

 

(nugi)