Ribuan Pelari Meriahkan Event Run the City Surabaya yang Digelar Harian Kompas dan LPS

SURABAYA | Harian Kompas bersama Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar Run the City Surabaya, diikuti 1.000 pelari dan menempuh jarak 5,37 kilometer. (02/06/24) Minggu.

Kegiatan dalam Rangkaian LPS Monas Half Marathon 2024 ini, digelar di empat kota di Indonesia, yakni Medan, Makassar, Surabaya dan Jakarta.

Hadir dalam pelepasan pelari atau flag off, Kepala Dinas Kebudayaan ,Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata Jawa Timur Moh. Ali Kuncoro, Sekretaris Daerah Kota Surabaya M. Ikhsan, Wakil Ketua Dewan Komisioner LPS Lana Soelistianingsih, dan Wakil Redaktur Pelaksana Harian Kompas Andreas Maryoto.

Sama seperti penyelenggaraan di 2 kota sebelumnya, yaitu Medan dan Makassar, Run The City Surabaya juga mengusung konsep fun run 5K.

Para pelari start pada pukul 05.30 WIB di Beranda Pakuwon Tower dan finish di Tugu Pahlawan. Dengan rute menempuh sejumlah jalan utama Kota Pahlawan, antara lain Jl Embong Malang, Jl Bubutan, Tugu Pahlawan, Jl Krembangan Barat, Jl Jembatan Merah, Jl Pahlawan, hingga finish di Tugu Pahlawan.

Suasana Run the City Surabaya yang Digelar oleh Harian Kompas & LPS di Tugu Pahlawan, Surabaya. (02/06/24) Minggu pagi.

Sepanjang rute yang dilalui, peserta juga dapat menikmati suasana pagi Kota Pahlawan, berlatar sejumlah landmark kota. Seperti Tugu Pahlawan, Jembatan Merah, Historical Park, dan Museum Dr Soetomo. Di sepanjang rute Run The City Surabaya juga ada beberapa titik cheering untuk menyemangati pelari.

Sehari sebelumnya, Sabtu (01/06/24) diadakan pengambilan RPC di Hotel Santika Gubeng. Para peserta Run the City Surabaya mendapatkan paket lari.

Usai berlari, para peserta juga menikmati beragam aktivitas di race village di Tugu Pahlawan, yang dibuat dengan konsep festival. Selain acara di panggung utama, terdapat juga area kuliner, area permainan, dan area foto dengan live grafitti sebagai background foto yang menarik.

Sama seperti di kota lainnya, setiap pelari yang berhasil finish di gelaran Run The City Surabaya, mendapatkan Medali Run the City. Yang menjadi collectible item yang bisa dikumpulkan pelari, dan bisa digabungkan menjadi satu kesatuan.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Komisioner LPS Lana Soelistianingsih mengatakan, Run The City Surabaya by Monas Half Marathon hadir di Kota Pahlawan untuk memperkenalkan lebih dalam tentang Lembaga Penjamin Simpanan.

“Surabaya juga dipilih, karena LPS juga baru membuka kantor perwakilan di kota ini”, ujarnya.

Direktur Bisnis Harian Kompas Lukminto Wibowo mengatakan, “Run The City merupakan program turunan dari LPS Monas Half Marathon, yang diadakan di Medan, Makassar, Surabaya dan Jakarta. Empat kota ini dipilih berdasarkan banyaknya persebaran pelari di Indonesia, dengan tujuan memperkenalkan LPS Monas Half Marathon kepada pelari di Indonesia”, ungkapnya.

Selepas Surabaya, event ini akan mencapai puncaknya pada penyelenggaraan LPS Monas Half Marathon 2024 di Jakarta.

 

(nugi)

PERINGATAN !!! hak cipta dilindungi undang-undang