Daerah  

**Kondisi Padang Pariaman Saat Ini Menurut Happy Neldy, Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman**

Padang Pariaman, 8 Juli 2024 — Menurut Happy Neldy, Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman, kondisi daerah ini saat ini masih jauh dari kata ideal. Dalam percakapan yang terjadi pada hari ini, Happy Neldy menyatakan bahwa masih banyak yang harus dipikirkan dan diperbaiki oleh Bupati untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di daerah ini.

Happy Neldy menyoroti beberapa masalah infrastruktur yang mendesak. “Banyaknya sarana prasarana yang harus diperbaiki, seperti Jembatan Kayu Gadang Sikabu, jalan putus ke Saliasian, dan ancaman banjir yang setiap saat mengintai Ulakan,” ujarnya. Menurutnya, ini baru menyentuh aspek sarana prasarana, belum lagi aspek lainnya yang memerlukan perhatian serius.

Selain infrastruktur, pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berbasis langsung dengan masyarakat juga perlu diperhatikan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. “Bupati ke depan harus memikirkan pengembangan UMKM yang berbasis langsung dengan masyarakat banyak untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” tambahnya. Masalah sulitnya mendapatkan pupuk juga menjadi sorotan bagi petani di daerah tersebut.

Tidak hanya itu, hubungan antara adat dan budaya dengan pemerintah juga dinilai belum signifikan. “Apakah pernah terpikir oleh Bupati tentang membuat rumah adat tempat berkumpul ninik mamak dan budayawan?” tanya Happy Neldy, menyiratkan kurangnya perhatian terhadap lembaga adat dan budaya di Padang Pariaman.

Dari segi ekonomi, kondisi masyarakat juga dinilai belum membaik. Tingkat daya beli masyarakat yang rendah menjadi indikasi bahwa masih banyak yang perlu dilakukan untuk meningkatkan perekonomian di daerah ini. “Masalah ekonomi kita lihat juga belum baik-baik saja, tingkat daya beli masyarakat rendah,” ungkapnya.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga masih stagnan, tanpa adanya terobosan yang berarti. “PAD masih jalan di tempat, belum ada terobosan yang berarti,” kata Happy Neldy.

Di akhir percakapan, Happy Neldy menyampaikan pesan kepada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024-2029 nanti agar lebih serius dalam memperhatikan kesejahteraan warga dan pembangunan yang merata. “Bisa lebih serius lagi memperhatikan kesejahteraan warga dan pembangunan yang merata,” tutupnya.

Dengan banyaknya permasalahan yang dihadapi, diharapkan pemerintah daerah dapat segera mengambil langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Padang Pariaman.