Mengenal Gus Abbas Buntet Cirebon

MAJALENGKA (INDONESIAKINI.id) – Gus Abbas adalah Pengasuh Pesantren An Nadwah, Buntet Cirebon Jawa Barat. Bagi Kalangan Banser beliau sangat dekat, karena ketegasan dan keberanian beliau yang menjadi inspirasi sahabat-sahabat Banser.

KH. Abbas memiliki nama KH.Muhammad Abbas Billy Yachsy, KH.Abbas dikalangan Buntet Pesantren terkenal dengan nama Kang Babas. Sedangkan para jama’ahnya memanggil KH. Abbas dan ada juga yang memanggil dengan sebutan Gus Abbas.

Beliau lahir pada tanggal 30 Desember 1969, Ayah beliau bernama K.H.M.A.Fuad Hasyim, yang mana K.H.M.A.Fuad Hasyim memiliki julukan macan podium, sebab K.H.M.A.Fuad Hasyim adalah sosok seorang kiyai karasmatik yang disegani oleh kalangan masyarakat baik dari kalangan menengah ke bawah maupun kalangan menengah ke atas dan ibunya bernama nyai Hj.Minhatul Maula.

Nasab beliau menyambung sampai ke Sunan Gunung Jati Cirebon, jadi beliau Dzurriyah Nabi SAW jalur Walisongo.

KH. Abbas dibesarkan dalam tradisi pesantren yang kental dengan budaya santri. Keluarga KH. Abbas berjumlah 11 orang.

KH. Abbas merupakan salah satu putra KH. Fuad Hasyim yang selalu berdiskusi adu argumen dengan abahnya, sebab KH. Fuad Hasyim merupakan orang yang diam, akan tetapi dengan cara KH.Abbas beradu argumen abahnya. KH. Abbas dapat menimba ilmu dari abahnya. Dan KH. Abbas merupakan salah satu putra yang dititipkan kamar dan juga kitab-kitab milik abahnya.
Waallahu Alam.

PERINGATAN !!! hak cipta dilindungi undang-undang