UNAIR Akan Gelar Kick-Off PIMNAS ke-37, Siap Sambut Mahasiswa Berprestasi

SURABAYA | Universitas Airlangga (UNAIR) bersiap menjadi tuan rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37. Untuk menyambut acara ilmiah terbesar di Indonesia tersebut, UNAIR menggelar kick-off di Ruang Amerta, Lantai 4 Kantor Manajemen Kampus MERR-C, UNAIR pada Jumat (19/7/2024).

Pada acara kick-off ini, UNAIR meluncurkan logo, maskot, dan theme song PIMNAS 37. Maskot PIMNAS 37 bernama SAGA Remo dan theme song berjudul “Meraih Mimpi”.

Hadir dalam acara tersebut, Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE, MT, Ak beserta tamu undangan dari berbagai instansi dan universitas terkemuka di Indonesia.

Kontribusi untuk Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Perwakilan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Retno Juni Rochmaningsih, menekankan bahwa PIMNAS adalah wadah bagi mahasiswa untuk berkumpul, berdiskusi, dan berkompetisi dalam berbagai bidang keilmuan. PIMNAS juga menjadi kesempatan untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Dengan mengikuti PIMNAS, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan riset serta menerapkan hasil penelitian mereka untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Retno berharap, melalui PIMNAS, mahasiswa dapat menunjukkan ide-ide inovatif yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ia juga mendorong mahasiswa untuk saling berjejaring dan berkolaborasi melalui PIMNAS.

Unjuk Rasa, Karsa, dan Karya

Sementara itu, Rektor UNAIR Prof. Nasih berharap PIMNAS ke-37 bisa menjadi ajang bagi mahasiswa untuk menunjukkan karya serta inovasi terbaiknya. “Kami mengatakan bahwa ini merupakan ajang unjuk rasa, unjuk karsa, dan unjuk karya mahasiswa di Indonesia,” katanya.

Sebagai tuan rumah, UNAIR telah melakukan persiapan terbaik untuk menyukseskan gelaran kompetisi ilmiah bergengsi tersebut. Prof. Nasih menegaskan bahwa UNAIR siap menyambut seluruh mahasiswa yang akan berkompetisi.

“Segala persiapan sudah kami lakukan dengan sebaik-baiknya dan tentu kami akan sangat welcome, sangat senang, dan juga sangat berbahagia manakala seluruh talenta-talenta muda, dan mahasiswa bisa hadir di Surabaya,” tambahnya.

Temu Mitra Bisnis

Selama rangkaian PIMNAS ke-37, UNAIR juga akan menggelar Temu Mitra Bisnis untuk mempertemukan karya-karya inovatif mahasiswa dengan pelaku bisnis dan industri di Indonesia.

“Jadi nantinya bila ada karya mahasiswa yang bisa dipoles lebih lanjut untuk dihilirisasi atau diproduksi secara massal akan kami pertemukan. Harapannya, karya mahasiswa tidak berhenti di prototype saja, namun juga terus dikembangkan menjadi produk massal yang manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia,” ucap Prof. Nasih.

Sebagai informasi, PIMNAS ke-37 akan berlangsung pada Senin-Sabtu (14-19/10/2024) di Kampus MEER-C, Universitas Airlangga. Sebanyak 2.625 mahasiswa dari 120 perguruan tinggi akan bersaing dalam PIMNAS 2024, terbagi dalam 525 tim.

 

(nugi)