Srikandi PLN Rayakan Hari Anak Nasional dengan Berbagai Aksi Sosial

SURABAYA | Memperingati Hari Anak Nasional, Srikandi PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mengadakan berbagai aksi kepedulian untuk anak jalanan dan siswa sekolah dasar. Salah satu kegiatan tersebut adalah acara nonton bareng film di bioskop bersama anak jalanan yang tergabung dalam _Save Street Children_ Surabaya (SSCS) pada Selasa (24/7).

Manager Komunikasi dan TJSL, Dana Puspita Sari, menyatakan bahwa acara ini bertujuan memberikan pengalaman baru yang edukatif bagi anak-anak jalanan.

“Jika setiap harinya mereka selalu di jalanan, kami ingin memberikan pengalaman baru yang mampu mengedukasi tentang nilai-nilai dalam kehidupan yang juga bisa didapat dari film. Selain itu, kami berharap kegiatan ini dapat memberikan kebahagiaan bagi mereka,” ujar Dana.

PLN Peduli telah mendukung edukasi anak jalanan bersama komunitas SSCS sejak tahun 2019 melalui berbagai program seperti pemberian motor pintar untuk membawa buku bacaan dan sarana edukasi.

Pada tahun 2020, PLN Peduli menyediakan laptop dan tablet untuk mendukung pendidikan daring anak-anak. Pada tahun 2021, PLN mendirikan basecamp kegiatan Sekolah Anak Jalanan yang dilengkapi dengan PLN Edu, sebuah tempat singgah bernama Rumah Anak Merdeka.

Pada tahun 2022, PLN Peduli memberikan pelatihan kompetensi digital, dan pada tahun 2023, PLN memberikan beasiswa pendidikan.

General Coordinator SSCS, Advin Mariyono, mengucapkan terima kasih kepada PLN atas konsistensi kepedulian mereka.

“Setiap anak berhak mendapat pendidikan salah satunya edukasi melalui film, semoga edukasi yang diberikan dapat menambah semangat dalam mewujudkan cita-citanya,” papar Advin.

Selain itu, Srikandi PLN juga memberikan edukasi dan bantuan makanan bergizi kepada siswa Sekolah Dasar (SD) Siwalankerto I Kota Surabaya pada Rabu (24/7). Inisiatif ini bertujuan mencegah stunting pada anak-anak.

Kepala SD Siwalankerto I, Yosephine Sri Wagiyanti, mengapresiasi kehadiran PLN.

“Terima kasih atas perhatian dan kepedulian Srikandi PLN kepada sekolah kami. Bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi kami, serta pengetahuan yang diberikan mengenai edukasi datangnya listrik dan lainnya sehingga anak-anak dapat lebih hati-hati,” kata Yosephine.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, menegaskan bahwa berbagai aksi yang digelar Srikandi PLN pada Hari Anak Nasional merupakan langkah kecil yang diharapkan dapat memberi arti dan manfaat secara luas.

“Kepedulian dan semangat berbagi inilah yang ingin kami tularkan karena setiap anak Indonesia memiliki hak yang sama untuk mewujudkan cita-citanya,” pungkas Agus.

 

(nugi)