Pelindo Regional 3 Teken MoU dengan Kejaksaan Negeri Semarang terkait Penanganan Masalah Hukum

SEMARANG | Cabang Kejaksaan Negeri Semarang di Pelabuhan Semarang resmi menandatangani Perjanjian Kerjasama atau MoU dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Sub Regional Jawa terkait penanganan masalah hukum di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, pada Selasa (20/08).

Acara penandatanganan berlangsung di Ruang Rapat Tenau Kupang, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Tanjung Emas Semarang, pukul 09.00 WIB. Hadir dalam acara ini Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Semarang di Pelabuhan Semarang, Muhammad Burhanuddin, S.H., MH., Jaksa Pengacara Negara, Sub Regional Head Jawa Pelindo Regional 3, Bambang Hasbullah, beserta rombongan manajemen Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa, GM Pelabuhan Tanjung Emas, dan GM Terminal Petikemas Semarang.

Menurut Bambang Hasbullah, Nota Kesepakatan ini bertujuan untuk mensinergikan dan mengoptimalkan tugas serta fungsi kedua belah pihak dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Kesepakatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan efektivitas penanganan dan penyelesaian masalah hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan, yang dihadapi oleh Pelindo, khususnya di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Kami akan senantiasa memberikan pendampingan serta bantuan dalam penanganan masalah hukum, baik di luar pengadilan (non-litigasi) maupun di dalam pengadilan (litigasi), untuk Pelindo yang berada di bawah wilayah hukum kami,” ujar Muhammad Burhanuddin, S.H., MH., dalam sambutannya.

Nota Kesepakatan Bersama ini ditandatangani langsung oleh Bambang Hasbullah dan Muhammad Burhanuddin, S.H., MH. Kerjasama ini akan berlangsung selama satu tahun ke depan dan bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penanganan masalah hukum di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang dihadapi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Sub Regional Jawa, baik melalui proses litigasi maupun non-litigasi.

“Peran berbagai stakeholder sangat diperlukan dalam melaksanakan kegiatan ini. Diharapkan mereka dapat berkomitmen saling mendukung demi keberhasilan institusi milik negara ini,” pungkas Bambang Hasbullah.

 

(nugi)