Pimpin Latpraops Mantap Praja Kapuas 2024, Kapolres Bengkayang Perintahkan Seluruh Personil Netral

INDONESIAKINI.id,Bengkayang, Kalbar – Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Mantap Praja Kapuas 2024, Senin, (19/8/2024) pagi, bertempat di Aula Tunggal Panaluan.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Bengkayang, AKBP Teguh Nugroho, S.H., S.I.K., M.I.K., dan dihadiri para Pju Polres Bengkayang, termasuk Kabag, Kasi, Kasat, dan perwira lainnya. Selain itu, Kapolsek jajaran Polres Bengkayang serta personel dan staf yang terlibat dalam pengamanan Pilkada juga turut hadir.

Dalam sambutannya, Kapolres Bengkayang mengatakan latihan ini merupakan langkah awal dalam mempersiapkan pengamanan Pilkada serentak 2024 yang akan dilaksanakan di wilayah hukum Polres Bengkayang.

Selain itu, Kapolres menekankan pentingnya kesiapan seluruh personel dalam menghadapi dinamika dan tantangan Pilkada serentak 2024. Ia juga mengingatkan tentang berbagai aspek kerawanan, termasuk kesiapan, pelanggaran, dan keamanan yang harus diantisipasi.

“Netralitas dan sinergitas antara Forkopimda, TNI, dan Polri adalah kunci sukses dalam mengawal Pilkada 2024. Kami juga harus mengantisipasi berbagai potensi bencana alam yang bisa mengganggu jalannya pemilu,” ujar Kapolres.

Kapolres juga meminta kepada para Kapolsek jajaran untuk melakukan inovasi dan pendekatan kepada masyarakat untuk mengajak masyarakat mengikuti Pilkada tahun 2024.

Kabag Ops Polres Bengkayang, AKP Rismanto Ginting, S.H., M.Sos., turut menyampaikan pentingnya koordinasi dan pelibatan personel yang maksimal dalam setiap tahapan Pilkada. Selain itu, Kasat Intel, IPTU Suprianto, S.H., memaparkan potensi kerawanan dan dinamika politik di Kabupaten Bengkayang, serta pentingnya pemetaan potensi konflik.

Terakhir, Kapolres berharap dengan dilaksanakan Latihan Pra Operasi ini dapat memberikan pemahaman yang mendalam kepada seluruh personel Polres Bengkayang terkait SOP dan cara bertindak dalam Operasi Mantap Praja Kapuas 2024, sehingga Pilkada serentak tahun ini khususnya di Kabupaten Bengkayang dapat berjalan dengan aman, damai, dan kondusif.(Robin/Rill)