KPPU Kanwil IV & FEB Unair Kolaborasi Berdayakan Usaha Mikro Kecil

SURABAYA | Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil IV bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair) sepakat untuk menjalankan program “Empowering Usaha Mikro Kecil” yang melibatkan mahasiswa dalam berbagai kegiatan pemberdayaan.

Kesepakatan ini diungkapkan oleh Romi Pradana Aryo, Kabid Advokasi dan Kebijakan Kanwil IV KPPU, saat penutupan rangkaian acara Pekan Intelektual dan Kebersamaan Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis (PIKMEN) 2024 di FEB Unair pada 23 Agustus 2024.

Romi menjelaskan bahwa program ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang menggabungkan pengawasan usaha, kemitraan, serta capacity building bagi mahasiswa.

“Alhamdulillah, tahun ini Kanwil IV KPPU kembali mendapat dukungan penuh dari FEB Unair untuk meluncurkan program baru ini,” kata Romi.

Ia juga menekankan bahwa program ini bertujuan untuk mendorong pemberdayaan usaha mikro kecil dengan melibatkan mahasiswa dalam survei lapangan untuk memahami kondisi dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha mikro kecil.

Mahasiswa yang terdaftar dalam program ini akan mendapatkan pembekalan materi calon penyuluh kemitraan bersertifikat, yang bermanfaat sebagai portofolio sekaligus dasar dalam mengembangkan sisi entrepreneurship.

Romi juga mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan FEB Unair atas dukungan dan arahan mereka, yang telah mendorong lebih dari 350 mahasiswa FEB Unair untuk bergabung dalam program ini. “Insya Allah, hasilnya nanti juga dapat dirasakan oleh rekan-rekan pelaku usaha mikro kecil,” tambahnya.

Wakil Dekan I FEB Unair, Dr. Wisnu Wibowo, SE., M.Si., menyambut baik kolaborasi ini, yang dinilai dapat melatih intuisi mahasiswa dalam berpikir dan merespon kondisi ekonomi para pelaku usaha mikro kecil di sekitarnya, serta menambah kemampuan softskill maupun hardskill mereka saat lulus nanti.