Marsma TNI Abdur Rachman Alkaf Raih Gelar Doktor Manajemen dari FEB Unitomo

Penyerahan Piagam Kelulusan Prodi Doktor Manajemen oleh Ketua Penguji Prof. Dr. Siti Marwiyah, SH, MH kepada Promovendus 1 (foto:ist)

SURABAYA | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menyelenggarakan ujian terbuka promosi doktor bagi Marsekal Pertama TNI Abdur Rachman Alkaf, SE., MM., Ph.D., CHRP.

Acara yang berlangsung di Auditorium Ki Moh Saleh ini menjadi tonggak penting dalam dunia akademik dan militer, terutama dalam bidang ilmu manajemen.

Dalam sidang tersebut, Marsma TNI Abdur Rachman Alkaf mempresentasikan disertasi berjudul “Efektivitas Disiplin Kerja pada Strategi Peningkatan Kinerja Perwira TNI AU di Indonesia”.

Penelitian ini membahas faktor-faktor yang memengaruhi disiplin kerja perwira TNI AU, dengan fokus pada kepemimpinan, motivasi, pelatihan, dan budaya organisasi.

Promotor utama dalam ujian ini adalah Prof. Dr. Drs. Eddy Yunus, ST., MM., dengan co-promotor Prof. Dr. Sri Utami Ady, SE., MM.. Sidang tersebut dihadiri jajaran penguji, termasuk Prof. Dr. Siti Marwiyah, SH., MH., Rektor Unitomo yang bertindak sebagai Ketua Penguji, serta beberapa penguji internal dan eksternal, seperti Prof. Dr. Dra. Sukesi, MM., Prof. Dr. Drs. Ec. Slamet Riyadi, MP., MM., Dr. Ir. Suyanto, MM., dan Kolonel Tek. Dr. Ir. Hikmat Zakky Almubaroq, S.Pd., M.Si., CIQAR., CIQNR., MCF.

Penelitian Marsma TNI Abdur Rachman Alkaf menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Dari sampel 400 perwira TNI AU yang dianalisis menggunakan metode SEM PLS, hasilnya menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan disiplin kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja. Disiplin kerja berperan sebagai mediator dalam peningkatan kinerja perwira.

Rektor Unitomo, Prof. Dr. Siti Marwiyah, SH., MH., menyampaikan apresiasinya terhadap kontribusi disertasi tersebut. “Penelitian ini memberikan sumbangsih signifikan bagi manajemen strategis di lingkungan militer,” ujarnya.

Marsma TNI Abdur Rachman Alkaf yang saat ini menjabat sebagai Dirsarpras BASARNAS mengungkapkan rasa syukurnya atas bimbingan dan dukungan selama penyusunan disertasinya.

“Saya berharap hasil penelitian ini bermanfaat bagi TNI AU dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara,” ujar promovendus.

Setelah melalui proses ujian yang berjalan lancar, Marsma TNI Abdur Rachman Alkaf resmi dikukuhkan sebagai Doktor Manajemen dari FEB Unitomo, menandai puncak pencapaian akademiknya dalam bidang manajemen strategis.