Klinik Kecantikan Kini Dukung Teknologi AI, Perfect Corp Luncurkan Skincare Pro Aesthetic Simulator

JAKARTA – Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya merawat diri terus meningkat, tak hanya pada wanita tetapi juga pria. Berdasarkan survei ZAP Beauty Index 2024, sebanyak 30,7% dari 9.000 responden wanita menganggap bahwa syarat utama kecantikan adalah memiliki wajah mulus. Sementara itu, survei ZAP Men/o/logy Index 2024 dengan responden 1.500 pria menunjukkan bahwa 19,1% pria merasa tampan jika memiliki wajah bersih dan mulus.

Survei tersebut juga mengungkap bahwa baik pria maupun wanita menyadari pentingnya perawatan klinik kecantikan untuk mendapatkan wajah yang terawat, selain menggunakan produk skincare. Sebagian responden wanita mengaku sudah mulai melakukan perawatan klinik sejak usia 15 tahun, sementara separuh responden pria juga pernah melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Seiring meningkatnya permintaan terhadap klinik kecantikan, penting bagi klinik untuk meningkatkan layanan dengan teknologi canggih dan memberikan pengalaman personal kepada konsumen. Salah satu bentuk layanan personal yang diharapkan adalah komunikasi yang jelas dan transparan dari klinik agar konsumen bisa membuat keputusan yang tepat.

Untuk mendukung para profesional kecantikan, Perfect Corp, perusahaan global penyedia solusi berbasis AI (artificial intelligence) dan AR (augmented reality), meluncurkan Skincare Pro Aesthetic Simulator, sebuah solusi terbaru yang dirancang untuk membantu prosedur estetika wajah non-bedah

Skincare Pro Aesthetic Simulator menggunakan teknologi AI dan deep learning untuk mensimulasikan 27 jenis prosedur estetika non-bedah di enam zona wajah. Simulator ini memanfaatkan algoritma pengenalan gambar yang canggih untuk menghasilkan visualisasi akurat, sehingga klien dapat melihat hasil yang diharapkan sebelum menjalani prosedur.

Alat ini memungkinkan para profesional kecantikan menampilkan berbagai simulasi estetika dengan intensitas yang bisa disesuaikan berdasarkan diskusi dengan klien. Dengan begitu, komunikasi antara klien dan klinik menjadi lebih jelas, mengurangi ketidakpastian, serta membangun kepercayaan jangka panjang.

Selain itu, simulator ini terintegrasi dengan platform CRM berbasis cloud, yang mempermudah pembuatan profil klien, laporan simulasi, hingga perbandingan hasil sebelum dan sesudah prosedur. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat iOS, seperti iPad dan iPhone, dengan opsi berlangganan fleksibel.

“Kecantikan adalah hal yang sangat personal,” ujar Alice Chang, Founder dan CEO Perfect Corp. “Misi kami adalah membantu individu menyadari kecantikan unik mereka melalui teknologi. Skincare Pro Aesthetic Simulator merupakan bukti inovasi kami, memungkinkan profesional kecantikan untuk menawarkan layanan yang lebih personal dan memperlihatkan hasil nyata.” tutupnya.