Momentum Maulid Nabi, SMP Muhammadiyah 5 Surabaya Gelar Lomba Cosmig & Santunan Marbot Masjid

SURABAYA | Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya (Spemma) menggelar dua kegiatan penting, yaitu Competition of Smart Muslim Generation (Cosmig 2024) dan aksi sosial bertajuk Peduli Penjaga Masjid.

Kegiatan ini melibatkan 687 siswa dari kelas VII hingga IX, yang turut berpartisipasi dalam lomba dan penggalangan dana raseda untuk para marbot masjid di sekitar Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Ngagel, Surabaya.

Kaur Ismuba SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, Syafi’ur Rahman, ST, menjelaskan bahwa dua kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan pertama adalah pembagian hadiah untuk para pemenang lomba Cosmig yang meliputi berbagai cabang seperti tahfidz, tartil, adzan, solo vokal, poster islami, storytelling, sirah sahabat, hingga cerdas cermat. Lomba tersebut bertujuan untuk mengasah kemampuan dan menumbuhkan semangat kompetisi di kalangan siswa.

“Setiap kelas wajib mengirimkan delegasi untuk mengikuti lomba Cosmig 2024 ini. Lomba tersebut tidak hanya menjadi ajang kompetisi antar siswa, tetapi juga bagian dari syiar Islam, sekaligus sebagai momen peringatan Maulid Nabi. Kami ingin menanamkan kecintaan siswa kepada agama Islam serta memupuk jiwa kompetitif di antara mereka,” ujarnya. (19/09/24) Kamis.

Selain lomba, kegiatan lainnya adalah pendistribusian dana raseda yang dikumpulkan secara rutin oleh siswa setiap hari Rabu sebesar dua ribu rupiah. Dana tersebut disalurkan sebagai santunan kepada para marbot masjid di sembilan masjid dan mushala di sekitar PCM Ngagel. Setiap masjid mendapatkan alokasi untuk dua marbot.

“Momentum Maulid Nabi ini menjadi waktu yang tepat untuk mendistribusikan dana raseda kepada para penjaga masjid. Tidak semua orang bersedia dan mampu merawat masjid yang merupakan rumah Allah. Oleh karena itu, kami ingin memberikan apresiasi kepada mereka. Penyerahan santunan dilakukan di depan para siswa sebagai bentuk transparansi bahwa amanah yang diberikan telah kami salurkan dengan baik,” tambah Rahman.

Rahman juga menekankan bahwa kegiatan ini memiliki pesan mendalam bagi para siswa. “Kami ingin menginspirasi para siswa untuk melihat para penjaga masjid sebagai orang-orang yang berjasa dan mulia. Mereka harus kita perhatikan karena memiliki peran penting dalam menjaga rumah ibadah. Kami berharap, kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa cinta siswa kepada Nabi Muhammad SAW, serta membangun kepedulian sosial terhadap warga sekitar yang membutuhkan.”

Dengan adanya kegiatan ini, SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya berharap dapat terus memupuk nilai-nilai agama dan sosial di kalangan siswa, sehingga mereka tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki kepedulian terhadap sesama.