Daerah  

Tanamkan Nilai Kepemimpinan, SMA YPK Air Kenanga Gelar LDKO

BANGKA (INDONESIAKINI.id) Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) Air Kenanga Sungailiat melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi (LDKO).

Kegiatan LDKO ini merupakan program yang bertujuan untuk melatih dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan pengurus OSIS SMA YPK Air Kananga.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at dan Sabtu (20-21/09/2024) bertempat di Pantai Bedukang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Muchlis Supani, S.Pd, selaku Kepala Sekolah SMA YPK Air Kenanga Sungailiat, dalam membuka kegiatan tersebut berharap bahwa pengurus OSIS ini dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang ada pada diri mereka untuk bekal hidup nanti di masa depan.

“Dengan adanya kegiatan LDKO ini, saya berharap dapat menumbuhkan karakter peserta didik yang berintegritas dan bersinergi untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu juga saya berharap pengurus OSIS dapat menjadi contoh positif bagi siswa yang lain disekolah ini,” papar Muchlis Supani, S.Pd.

Selama 2 hari kegiatan, para peserta dibekali berbagai macam materi yang menitikberatkan pada pengembangan karakter kepemimpinan.

Materi tersebut mencakup beberapa aspek penting seperti pengambilan keputusan, manajemen organisasi dan kemampuan berkomunikasi. Selain itu juga diajarkan tentang pentingnya tanggung jawab sebagai seorang pemimpin, baik dalam organisasi di sekolah maupun dalam kehidupan sehari – hari.

Kegiatan LDKO ini juga di isi dengan aktivitas outbound dan pentas seni, kegiatan ini dirancang untuk menguji ketahanan fisik, kerjasama tim, dan kemampuan peserta dalam memimpin kelompok dibawah tekanan.

Masih menurut Muchlis Supani, S.Pd, bahwa kegiatan ini merupakan bagian penting dari salah satu komitmen SMA YPK Air Kenanga untuk membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan juga jiwa kepemimpinan yang akan berguna untuk siswa di masa akan datang.

“Dengan kegiatan LDKO ini kami berharap dapat menumbuhkan jiwa jiwa pemimpin peserta didik bukan hanya di lingkup sekolah, tapi juga diluar sekolah. Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan akan terbentuknya jiwa – jiwa muda yang unggul, cerdas, dan berkarakter yang merupakan tujuan dari SMA YPK Air Kenanga,” imbuh Muchlis Supani, S.Pd, mengakhiri keterangannya.

Penulis: Edo MeirdiannoEditor: Edo Meirdianno