SURABAYA – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatat lonjakan trafik data nasional sebesar 21% selama periode Idulfitri 1446 H dibandingkan hari biasa. Kenaikan ini didorong oleh tingginya penggunaan aplikasi digital seperti WhatsApp, TikTok, Facebook, YouTube, dan Instagram oleh pelanggan sepanjang Ramadan dan Lebaran.
Puncak kenaikan trafik data terjadi pada arus balik tanggal 4 April 2025. Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, Indosat memastikan kesiapan jaringan yang andal dan merata di seluruh wilayah Indonesia.
Di wilayah Jawa Timur, peningkatan trafik data tertinggi terjadi di area Madiun dengan lonjakan mencapai 74,7%. Disusul Madura dengan kenaikan 65% dan Tuban-Lamongan sebesar 59,8% selama periode Lebaran.
Indosat menjamin kualitas jaringan tetap optimal, bahkan di daerah dengan potensi kepadatan tinggi seperti stasiun, terminal, rest area, hingga destinasi wisata. Optimasi dilakukan agar pelanggan tetap bisa menikmati konektivitas yang stabil tanpa gangguan.
“Teknologi yang mutakhir harus diiringi oleh sentuhan tangan manusia. Layanan yang kami hadirkan selama Hari Raya Idulfitri ini merupakan wujud dari komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed, serta dedikasi para engineer kami di lapangan,” ujar Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, (11/04/25) Jum’at.
Komitmen Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia juga diwujudkan melalui kerja keras lebih dari 3.000 engineer dan petugas teknis di seluruh Indonesia. Mereka bersiaga, termasuk di pusat operasi DIOC (Digital Intelligence Operations Center), demi memastikan layanan tetap berjalan lancar bahkan di puncak trafik.
“Bagi kami, ini lebih dari sekadar tugas profesional. Ini bentuk pengabdian di momen Lebaran yang bernilai ibadah. Saya dan tim sudah bersiaga sejak sebelum Ramadan, memastikan setiap site berjalan baik. Meski belum bisa berkumpul dengan keluarga, kami bangga menjadi bagian dari penghubung kebahagiaan banyak orang,” ujar Imam Susanto, petugas lapangan Indosat di jalur mudik wilayah Semarang.
Dalam menghadapi lonjakan trafik, Indosat menambah kapasitas dengan menghadirkan 9.600 site baru, mengoperasikan 1.500 BTS baru, serta mengaktifkan 53 Mobile BTS di titik strategis. Seluruh infrastruktur kini didukung oleh sistem INFINITE (Intelligent Network for Innovative and Transformational Experience), yang mengintegrasikan jaringan dengan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) dan cognitive learning.
“Indosat tidak hanya membangun jaringan, tetapi juga kepercayaan. Kami akan terus menghadirkan layanan terbaik untuk mendukung gaya hidup digital pelanggan, memastikan mereka selalu terhubung, khususnya di momen kebersamaan seperti Idulfitri,” tutup Desmond.