SURABAYA – Singgahsini, layanan manajemen properti dari Mamikos, kembali membuktikan keberhasilannya dalam membantu pemilik kos meningkatkan okupansi dan pendapatan secara signifikan. Salah satu kisah sukses datang dari Thursana Hakim, pemilik Kos Singgahsini Bendungan Hilir 95, Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang telah merasakan manfaat luar biasa sejak bergabung dengan Singgahsini pada tahun 2022.
Kos milik Thursana merupakan kos campur. Sebelum bergabung dengan Singgahsini, tingkat okupansi properti kos Thursana hanya sekitar 35%. Namun, dalam dua hingga tiga bulan pertama setelah bergabung, pendapatannya meningkat 3 hingga 4 kali lipat. Setelah satu tahun, tingkat okupansi stabil, dan pada tahun kedua, pendapatannya melonjak hingga tiga kali lipat dengan okupansi mencapai 100%.
Thursana mengungkapkan bahwa sebelum bergabung dengan Singgahsini, kos-kosannya sepi, dan ia kesulitan dalam pemasaran. Sebagai pengajar gitar, renang, dan bahasa Inggris, serta seorang pencipta lagu, penulis buku, dan penggiat yoga, ia membutuhkan solusi yang dapat mengoptimalkan pemasukannya tanpa mengganggu rutinitasnya. Dengan bergabung ke Singgahsini, pemasarannya menjadi lebih lancar, administrasi lebih mudah, serta beban pekerjaannya menjadi lebih ringan.
Hingga saat ini, Singgahsini telah mengelola lebih dari 20.000 kamar kos di berbagai kota besar, termasuk Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, dan Solo. Setiap bulannya, 40-50 properti kos baru bergabung dengan Singgahsini, yang kini memiliki lebih dari 15.000 penghuni kos.
Maria Regina Anggit, Co-founder dan CEO Singgahsini, mengatakan,”Kami berkomitmen untuk membantu pemilik kos mengelola properti mereka dengan lebih efektif dan menguntungkan. Dengan Singgahsini, pemilik kos mendapatkan berbagai keuntungan, seperti standarisasi fasilitas dan layanan, optimasi pemasaran, serta proteksi asuransi untuk properti mereka. Kami memahami bahwa mengelola kos tidak selalu mudah, oleh karena itu, kami hadir untuk memberikan solusi menyeluruh yang mempermudah operasional sehari-hari pemilik kos, sekaligus meningkatkan pendapatan mereka secara berkelanjutan.” ungkapnya, (14/04/25) Senin.
Berbagai keuntungan yang didapat pemilik kos dengan bergabung bersama Singgahsini meliputi fasilitas dan layanan kos yang terstandarisasi, seperti pelatihan untuk penjaga kos, inspeksi berkala, panduan standarisasi, serta rekomendasi harga kompetitif. Pemasaran dan pelayanan kos juga lebih maksimal dengan foto berkualitas profesional, iklan yang tampil teratas, layanan chat, booking, survey, serta promo dan voucher untuk menarik lebih banyak penyewa.
Untuk meningkatkan okupansi, tersedia program tambahan seperti optimasi ranking listing, penyesuaian harga, dan penyesuaian tipe penyewa sesuai kebutuhan. Selain itu, SinggahProtects memberikan proteksi asuransi untuk properti kos, santunan bagi penyewa dalam situasi darurat, bantuan biaya medis, kompensasi kehilangan barang, serta perlindungan pembatalan sewa akibat musibah.
Kesuksesan juga dirasakan oleh Yutina Himawan, pemilik Kos Singgahsini Bendi XIV Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, yang merupakan kos khusus putri saat ini telah terisi penuh. Yutina bergabung dengan Singgahsini pada tahun 2024 dengan harapan dapat mengelola kosnya dengan lebih mudah. Kos miliknya merupakan bangunan baru yang langsung bergabung dengan Singgahsini, dan dalam waktu empat bulan, okupansi penuh tercapai, memberikan pendapatan yang maksimal. Ia mengungkapkan bahwa kemudahan dalam pengelolaan kos tanpa harus repot mencari penghuni menjadi alasan utama bergabung dengan Singgahsini. Selain itu, ia merasa terbantu karena tidak perlu menagih uang kos kepada penghuni kos maupun memasang iklan secara mandiri.
Singgahsini juga menghadirkan Program Naik Kelas melalui Program Pendanaan Renovasi Singgahsini, yang bertujuan untuk meningkatkan harga sewa, okupansi, dan pendapatan mitra. Program ini memberikan berbagai bentuk dukungan, seperti penambahan fasilitas kamar, renovasi serta perbaikan fasilitas dan bangunan, hingga penambahan jumlah kamar, sehingga pemilik kos dapat meningkatkan daya saing dan kenyamanan hunian bagi para penyewa.
Dengan adanya berbagai program dan dukungan dari Singgahsini, diharapkan para pemilik kos dapat terus mengembangkan usahanya dengan lebih mudah dan menguntungkan. Singgahsini berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya dalam membantu pemilik kos meningkatkan nilai properti dan memberikan kenyamanan bagi para penyewa. Melalui inovasi dan kemitraan yang solid, Singgahsini terus berupaya menciptakan ekosistem hunian yang lebih baik bagi semua pihak.