PLN Gelar Apel Siaga untuk Keandalan Kelistrikan di AFF U-19 dan AVC U-20

SURABAYA | Menjelang The 2024 Asean U-19 Boys Championship (AFF U-19) dan The 2024 Asian Men’s U-20 Volleyball Championship (AVC U-20), PT PLN (Persero) Grup Jawa Timur mengadakan apel siaga kelistrikan. Acara ini diikuti oleh 210 personel dari PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, PLN Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Timur dan Bali (JBM), PLN Icon Plus, dan PLN Haleyora Power.

General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin, yang bertindak sebagai Pembina Apel, menyatakan bahwa kolaborasi PLN Grup bertujuan memastikan kesiapan sistem kelistrikan dari sisi transmisi, distribusi, hingga keandalan jaringan komunikasi.

“Untuk siaga kelistrikan penyelenggaraan dua event tersebut, PLN memberlakukan masa siaga mulai 14 Juli hingga 1 Agustus 2024. Personel dari UID Jawa Timur yang disiagakan sebanyak 97 orang dan dari UIT JBM sebanyak 106 orang, dilengkapi dengan kesiapan berbagai peralatan kerja dan pendukung,” ujar Amiruddin.

Seluruh personel yang bersiaga selalu menekankan pentingnya keselamatan kerja, menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), dan mematuhi SOP pekerjaan serta menghindari kondisi tidak aman.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, menjelaskan bahwa PLN telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut AFF U-19 dan AVC U-20.

“AFF U-19 adalah event yang menjadi pusat perhatian nasional dan internasional, maka PLN berkomitmen memberikan layanan kelistrikan dan keandalan terbaik. Sebelumnya, PLN telah melakukan assessment, pemeliharaan preventif, dan koordinasi dengan stakeholder seperti Pemerintah Kota Surabaya dan panitia penyelenggara untuk memastikan kesiapan di setiap lokasi,” jelas Agus.

Untuk menjaga keandalan pasokan listrik di venue acara, PLN menerapkan skema pengamanan kelistrikan tiga lapis. Untuk AFF U-19, PLN mengamankan tiga venue: stadion utama di Stadion Gelora Bung Tomo dan Stadion Gelora 10 November, lapangan latihan di Lapangan Thor dan Lapangan A, B, C Gelora Bung Tomo, serta venue pendukung seperti Bandara Juanda, hotel peserta, official, dan pejabat negara.

“Sementara untuk AVC U-20, yang berlangsung mulai 23 hingga 30 Juli 2024, PLN mengamankan Jawa Pos Arena (DBL Arena) dan GOR Pancasila Surabaya dengan skema pengamanan kelistrikan tiga lapis juga,” tambah Agus.

PLN juga menyiagakan Mini Scada Mobile yang ditempatkan di Gate 19 Stadion GBT sebagai pusat monitoring suplai kelistrikan dari Gardu Induk hingga titik instalasi yang menjadi titik kritis selama berlangsungnya dua event tersebut.

 

(nugi)

PERINGATAN !!! hak cipta dilindungi undang-undang