Parade Teater Jawa Timur 2024 Siap Digelar, Enam Grup Teater Unjuk Gigi di Gedung Cak Durasim

SURABAYA | Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Provinsi Jawa Timur, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui UPT Taman Budaya akan menyelenggarakan “Parade Teater Jawa Timur 2024”.

Acara ini akan berlangsung selama dua hari, yakni pada 25 dan 26 Oktober 2024, bertempat di Gedung Kesenian Cak Durasim, Taman Budaya Jawa Timur, Surabaya. Parade teater ini akan dimulai pukul 19.30 WIB hingga selesai.

Dengan slogan “Jatim Bersatu Bersama Untuk Maju”, Parade Teater Jawa Timur 2024 akan menampilkan enam grup teater yang telah lolos seleksi. Grup-grup teater tersebut berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur, yakni Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Sumenep, Kota Surabaya (dua grup), Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Taman Budaya jawa Timur Ali Ma’ruf, S.Sos., M.M, menyampaikan jika kegiatan ini merupakan bentuk komitmen untuk memberikan ruang kreatif dan inovatif bagi para seniman teater.

“Kami berharap, melalui parade ini, dapat tercipta kualitas seni yang lebih baik dalam berbagai aspek seperti keaktoran, tata busana, tata cahaya, setting artistik, naskah lakon, hingga gaya penyutradaraan.” ujarnya.

Ali menambahkan, Pelaksanaan Parade Teater Jawa Timur ini bertujuan untuk mendorong munculnya karya-karya seni teater yang kreatif dan inovatif, serta memiliki kedalaman nilai estetik. Selain itu, acara ini juga menjadi wadah untuk mengekspresikan dan mengapresiasi karya seni teater oleh para pelaku seni dan penikmatnya.

“Tidak hanya itu, Parade Teater Jawa Timur ini juga dapat memperkuat jejaring dan sinergi antara pelaku seni dan para pemangku kepentingan (stakeholder) dalam memajukan kehidupan seni di Jawa Timur.” jelasnya dalam keterangan tertulis, (21/10/24) Senin.

Parade ini juga memberikan ruang bagi seniman untuk menggali ide-ide baru dalam proses penciptaan karya seni yang berkualitas, dan menampilkan hasilnya melalui media seni teater yang baru dan menarik.

Taman Budaya Jawa Timur selaku penyelenggara, juga menjalankan fungsi pelestarian, pengembangan, dan penyebarluasan produk karya seni di Jawa Timur melalui acara ini.

Jadwal Penampilan Grup Teater

Enam grup teater yang akan tampil dalam Parade Teater Jawa Timur 2024 telah melalui proses seleksi ketat oleh Taman Budaya Jawa Timur. Berikut adalah jadwal penampilan mereka:

Hari Pertama (25 Oktober 2024):

1. Teater Porobungkil dari Kabupaten Banyuwangi

2. Teater Granggang dari Kabupaten Ponorogo

3. Teater Arek dari Kota Surabaya

Hari Kedua (26 Oktober 2024):

1. Teater Sandur Sedhet Srepet dari Kabupaten Bojonegoro

2. Teater Studio Daulang dari Kota Surabaya

3. Teater Dialektika dari Kabupaten Sumenep

Acara ini diharapkan menjadi ajang unjuk gigi bagi para pelaku teater di Jawa Timur sekaligus memperkaya khazanah budaya dan seni di Indonesia, khususnya di bidang seni teater.

PERINGATAN !!! hak cipta dilindungi undang-undang