oleh

1 November PTM Terbatas Mulai Diterapkan

Palu, Indonesiakini.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu telah menyepakati pada 1 November 2021 mendatang, penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mulai diberlakukan khusus kepada mahasiswa semester I dan III.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Abidin Djafar, S.Ag, M. Ag, menyebut, saat ini pihaknya telah menyusun pedoman perkuliahan PTM di masa pandemi covid-19, dengan kesepakatan mulai penerapan PTM terbatas pada tanggal 1 November 2021.

Penetapan kesepakatan ini pula, lanjut Prof. Abidin, seutuhnya telah disepakati oleh seluruh pejabat di lingkungan UIN Datokarama Palu serta seluruh mahasiswa khususnya untuk mahasiswa semester I dan III, di semua program studi yang ada.

“Insya Allah 1 November kita mulai,” ungkap Prof. Abidin kepada Indonesiakini.id saat jumpa pers dengan awak media di lingkungan kampus II UIN Datokarama Palu, desa Pombewe, Kamis (30/9/2021).

“Saya lagi menyusun pedoman perkuliahan PTM terbatas di masa pandemi dengan tetap mengandung konsep 50 persen jumlah mahasiswa yang ikut kuliah secara ofline,” tambahnya.

Selama satu bulan penuh dalam persiapan menerapkan PTM terbatas, selain dengan menyiapkan seluruh prasarana yang berkaitan dengan syarat dari PTM terbatas di masa covid-19, diminta kesediaan dari mahasiswa semester I dan III untuk pula menyediakan segala sesuatunya agar proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dapat berjalan dengan lancar.

“Kenapa hanya mahasiswa semester I dan III saja kita PTM kan, karena mereka belum pernah lihat kampus dan alasan lainnya,” sebutnya.

“Itu yang kita prioritaskan dengan beri waktu satu bulan untuk mengurus segala macam mulai dari tempat tinggalnya, dan seterusnya sampai kuliah nanti,” kta Prof. Abidin.

“Karena banyak syaratnya yang boleh kuliah ofline antara lain itu adalah harus vaksinasi 75 persen ke atas bagi mahasiswa, dosen harus 75 persen ke atas serta ada protokol kesehatan di setiap ruangan kelas. Maka, ini semuanya yang kita persiapkan dan Insya Allah sudah 75 persen persiapannya,” sambung Prof. Abidin.

Prof. Abidin, kembali tegaskan, mahasiswa yang telah menyelesaikan PTM terbatas nantinya diharapkan selesai langsung pulang ke rumah masing-masing karena pada tahapan berikutnya masih ada lagi mahasiswa lainnya yang akan mengikuti PTM secara terbatas.

“Kemudian selesai kuliah langsung pulang, jangan berlama-lama di kampus karena masih ada lagi yang datang.  Jadi, mahasiswa yang mau masuk kampus dan masuk ke dalam ruangan kita cek suhu tubuhnya, karena itu tadi salah satu syarat penerapan PPKM di masa covid-19,” tegas Prof. Abidin.(MRZ)

Komentar

News Feed