oleh

Anggaran 7 Miliar Pembangunan Gedung Perpustakaan Kota

Palu, Indonesiakini.id – Dalam waktu dekat, Pemerintah Kota Palu mulai membangun gedung perpustakaan milik Pemerintah Kota Palu dengan anggaran yang dibutuhkan sekitar 7 miliar rupiah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palu Syamsul Syaifuddin, mengutarakan, pemenang proyek dari yang membangun gedung perpustakaan sudah ada hanya saja saat ini belum ditandatangi oleh Pemerintah Kota Palu karena masih mempelajari terlebih dahulu item-item atau rincian dari anggaran pembangunan.

Namun, tetap dipastikan kata Syamsul, dengan menggunakan anggaran 7 miliar rupiah pembangunan gedung perpustakaan bantuan dana dari Perpustakaan Nasional pusat, bisa dipastikan mulai pekerjaan pada awal bulan September tahun ini.

“Sekitar 7 miliar rupiah anggaran pembangunan. Sudah lelang kontrak dan sudah ada pemenangnya cuman belum saya tandatangani karena masih saya pelajari dulu item-item yang ada di dalamnya,” kata Syamsul Syaifuddin kepada Indonesiakini.id, Kamis (26/8/2021).

“Insya Allah mulai awal bulan September dengan waktu tiga bulan pekerjaan, akhir bulan Desember tahun ini sudah selesai,” tambahnya.

Untuk bangunan gedung sendiri, terdiri dari dua lantai, dengan di desain dan menciptakan bagaimana masyarakat kota Palu nantinya tertarik untuk mendatangi gedung perpustakaan kota Palu.

“Kita sudah ada konsep dalam desain nya, upaya menarik minat baca di kalangan masyarakat,” sebutnya.

“Bahkan nanti ada desain tersendiri khusus ruang baca difabel, orang tua, anak-anak dan bahkan termasuk desain sarana menciptakan game baca (buku bacaan yang mengandung permainan),” ujarnya.

Dia berpesan, selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palu dan bertanggung jawab penuh dalam pembangunan gedung perpustakaan, agar pembangunan tepat waktu pekerjaan sesuai kontrak, dan desain bangunannya sesuai dengan yang diharapkan bersama.

“Insya Allah bangunan gedung perpustakaan ini menjadi bangunan gedung milik masyarakat kota Palu. Dan yang terpenting, masyarakat meningkatkan minat baca buku dengan cara nantinya mendatangi perpustakaan jika sudah terbangun,” jelasnya.(MRZ)

Komentar

News Feed