oleh

Anggaran Pembangunan Huntap Sudah Ready

Sisa Menunggu Penyelesaian Soal Kepemilikan Lahan

Palu, Indonesiakini.id – Anggaran untuk pembangunan Hunian Tetap (Huntap) di dua lokasi, lokasi kelurahan Tondo 2 dan kelurahan Talise, sudah tidak ada masalah lagi atau ready.

Hanya saja, saat ini belum bisa melakukan proses pelelangan pembangunan Huntap Tondo 2 dan Talise, disebabkan belum selesainya permasalahan adanya warga klaim kepemilikan lahan diatas bangunan yang direncanakan pembangunan Huntap.

Hal ini sesuai dengan keterangan resmi dari Kementerian PUPR melalui Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Tengah, Sahabuddin, dengan membenarkan kalau soal anggaran pembangunan Huntap di dua lokasi sudah tidak bermasalah lagi.

Namun kata dia, pihak pemberi bantuan dana dari Bank Dunia tidak inginkan anggarannya digunakan untuk pembangunan Huntap jika permasalahan lahan belum selesai.

“Benar, anggaran sudah ada dari pinjaman bank Dunia sekitar 200 miliar rupiah lebih,” ungkap Sahabuddin kepada Indonesiakini.id, Selasa (24/8/2021).

“Kita belum bisa proses lelang kalau soal lahan belum selesai, karena masih ada permasalahan lahan di lahan rencana pembangunan Huntap, baik lokasi Tondo 2 maupun Talise,” sebutnya.

Selanjutnya, tambah Sahabuddin, soal penyelesaian adanya klaim kepemilikan lahan, dari BPN/ATR Pusat telah menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kota Palu untuk dapat menyelesaikan permasalahan lahan tersebut.

Jika tentunya permasalahan lahan telah berakhir, tahapan selanjutnya Kementerian PUPR bakal melakukan proses lelang untuk pembangunan Huntap Tondo 2 dan Talise.

“Kita masih menunggu dari mereka (Pemkot), untuk menyelesaikan ini. Kalau sudah, Insya Allah dalam waktu dekat kita lakukan proses lelang,” tambahnya.

Saat ditanyakan soal progress penyelesaian pembangunan tapak hunian siap bangun dilokasi pembangunan Huntap, Sahabuddin tegaskan, baik di lokasi Huntap Tondo 2 maupun Talise, sebagian lahan telah dilakukan tapak lahan siap bangun Huntap, namun lagi-lagi masih ada sebagian lahan yang belum dilakukan tapak lahan karena sebab belum bisa lahannya digunakan dengan alasan masih bermasalah.

“Sudah ada sekitar seribu tapak lebih yang siap bangun, baik di lokasi Tondo 2 maupun Talise,” ungkapnya.

“Selebihnya itu yah tadi, masih kendala dengan soal permasalahan klaim lahan,” tegasnya.(MRZ)

Komentar

News Feed