oleh

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Ruang Perawatan Difungsikan

Palu, Indonesiakini.id – Dalam rangka mengantisipasi lonjakan kasus pasien covid-19 yang ditangani dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Provinsi Sulawesi Tengah, pihak rumah sakit sendiri telah berinisiatif untuk menjadikan ruang perawatan sebagai ruang isolasi kasus pasien covid-19.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Undata Palu dr. Amsyar Praja, Sp.A, membenarkan, dalam waktu dekat bakal membuka atau menfungsikan ruang perawatan untuk dijadikan ruangan isolasi covid-19 dalam penanganan dan perawatan di RSUD Undata Palu.

Hal ini, menurut dia, sebagai upaya untuk mengantisipasi atas lonjakan kasus pasien covid-19 yang ditangani dan dirawat serta ketersediaan dari jumlah tempat tidur atau bed dalam penanganan pasien covid-19.

“Berencana minggu depan ada ruang perawatan yang terpaksa kita tutup lagi (untuk difungsikan ruang isolasi covid-19) untuk menambah, itu sekitar 25-30 bed untuk satu gedung ruang perawatan,” kata Amsyar kepada Radar Sulteng, Rabu (28/7).

“Untuk antisipasi lonjakan masuk di RSUD,” tambahnya.

Saat ini kata dia, pasien covid-19 yang sementara dalam penanganan dan perawatan di RSUD Undata Palu sendiri sudah berjumlah 70 pasien covid-19, dari tempat tidur yang disediakan sebelumnya hanya 80 tempat tidur atau bed saja.

“Saat ini data terakhir sekitar 70 pasien. Jadi, kita hanya tersedia sekitar 80 bed saja, masih ada 10 bed yang tersisa. Itulah rencana kita mau buka ruang perawatan untuk menambah bed tadi,” bebernya.

“Kalau seluruhnya bed yang tersedia 311 bed di RSUD Undata, 30 persennya sekitar 80 bed kita sudah alokasikan untuk pasien covid-19,” tambahnya.

Namun lanjut Amsyar, pihaknya tetap membuka pelayanan umum kepada masyarakat Sulawesi Tengah sebagai bagian dan langkah untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat Sulawesi Tengah, khususnya masyarakat kota Palu.

“Kita masih membuka pelayanan umum. Tetapi sekarang untuk pelayanan umum mulai berkurang jumlah pasien yang dilayani,” ungkapnya.

“Sudah memasuki tahun kedua kasus covid-19, kalau kita hitung-hitung jumlah kasus yang sudah kita rawat di ruang isolasi itu sudah mencapai angka 900 pasien covid-19,” jelasnya. MRZ

Komentar

News Feed