oleh

Beberapa Tahapan Pembinaan Mutu Mahasiswa Baru UIN Datokarama

Yang Harus Dilalui Mahasiswa Baru Sebelum Kuliah Tanggal 2 September Berbasis Online

Palu, Indonesiakini.id – Peraturan Pemerintah RI no. 57 Tahun 2021 Tentang Standar Pendidikan Nasional. Peraturan tersebut semakin mengokohkan Standar Pendidikan Nasional (Standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar tenaga pendidikan, standar pengelolaan pendidikan, standar sarana-prasarana, dan standar pembiayaan) tetap dilaksanakan.

Bermutu dan berdaya saing baik di masa covid-19 maupun non covid-19. Untuk itu, UIN Datokarama Palu yang mengusung visi pengembangan Islam moderat berbasis integrasi ilmu, spritual, dan kearifan lokal, menyambut mahasiswa baru yang telah membayar UKT dengan  menetapkan beberapa tahapan  kegiatan berbasis mutu, daya saing dan boring, 9 kriteria sebelum mengikuti perkuliahan reguler yang insya Allah  pembukaan kuliah umum-nya pada tanggal 2 September 2021  mendatang.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Abidin Djafar, S.Ag, M.Ag, mengutarakan, ada empat  pintu pembinaan mutu yang harus dilalui oleh seluruh mahasiswa baru setelah membayar UKT sebelum mengikuti perkuliahan aktif. Pintu-pintu tersebut merupakan tahapan pembinaan mutu kepada mahasiswa baru.

“Empat pintu pembinaan mutu dan daya saing tersebut diantaranya: pintu Ma’had Al-jamiah. Pada pintu ini dilakukan  pembinaan secara ketat baca tulis Qur’an sampai benar-benar mahasiswa mahir sehingga tidak ada lagi mahsiswa selesai tanpa mahir baca dan tulis Al-Quran,” ungkapnya kepada Indonesiakini.id, Rabu (25/8/2021).

“Pembinaan selanjutnya adalah pembinaan akhlak, pembinaan kebahasaan, pemahaman ke-NKRI-an, dan pemahaman Islam moderasi (wasthan) sebagai visi besar UIN Datoktama Palu. Pintu pembinaan selanjutnya adalah matrikulasi. Di pintu ini mahasiswa diajarkan cara  belajar efektif perguruan tinggi, penyampaian pedoman akademik UIN Datokarama palu, etika kuliah, pengenalan siakad, pengenalan perpustakaan, pengenalan pembelajaran prodi masing masing,” sebutnya.

“Kemudian pintu berikutnya adalah PBAK (Pengenalan Budaya Akademik Kampus). Pada pintu ini kegiatannya  memperkuat pengenalan budaya akademik mulai dari pengenalan lembaga, pengelolah dan program lembaga, sistem akademik, sistem pembelajaran dan sistem pembayaran UKT,” tambahnya.

Dia menambahkan, sejumlah rangkaian yang harus dilalui oleh seluruh mahasiswa baru dengan jumlah sekitar 1.700 orang tersebut, ditargetkan mahasiswa memiliki pandangan positif terhadap cara dan pentingnya kuliah dengan baik, sehingga diharapkan mahasiswa baru yang mengikuti pintu-pintu pembinaan mutu tersebut tidak lagi mudah terpengaruh rayuan dari siapapun untuk mengajak tidak kuliah dengan benar.

“Mahasiswa baru yang dinyatakan lulus pada setiap pintu pembinaan tersebut akan diberikan sertifikat,” tambah Prof. Abidin Djafar.

Semangat pembinaan mutu dan daya saing kepada mahasiswa baru UIN Datokarama tersebut adalah semangat pertanggungjawaban UIN Datokarama Palu kepada para orang tua mahasiswa, yang telah mempercayakan putra-putrinya mencari ilmu di UIN Datokarama Palu, sebagai bekal kehidupan akhirat dan bekal membuka dan melamar kerja baik negeri maupun swasta.

“Untuk itu, kami berpesan kepada mahasiswa baru agar tujuan rangkaian kegiatan ini dapat diraih dengan baik, maka ikuti secara masif kegiatan ini sampai selesai,” tegas Prof. Abidin.(MRZ)

Komentar

News Feed