oleh

BPN Sulteng Serahkan 5.286 Sertipikat Redistribusi Tanah Objek

Palu, Indonesiakini.id – Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Tengah serahkan 5.286 sertipikat redistribusi tanah objek kepada masyarakat Sulawesi Tengah.

Penyerahan sertipikat tanah tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual di aula kantor wilayah BPN Sulteng, dibuka oleh bapak presiden RI Joko Widodo sekaligus secara simbolis menyerahkan bantuan pemberian sertipikat tanah kepada masyarakat Indonesia, termasuk penyerahan sertipikat kepada masyarakat Sulawesi Tengah.

SIMBOLIS: Penyerahan secara simbolis sertipikat kepada masyarakat Sulteng oleh Joko Widodo, Rabu (22/9/2021).
FOTO : IST

Di dalam penyerahan pun, mewakili pemerintah provinsi Sulawesi Tengah yakni Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, pejabat tinggi Pemrov Sulteng, dari kementerian PUPR, pejabat tinggi dilingkungan Kanwil BPN Sulteng, serta 20 penerima sertipikat dari masyarakat kabupaten Sigi (mewakili), menghadiri penyerahan sertifikat secara nasional dengan melalui virtual (online).

Setelah penyerahan secara resmi dari presiden RI, Kepala Kanwil BPN Sulteng Dr. Ir. Doni Janarto Widiantono, M.Eng.Sc, mengatakan, khusus Kanwil BPN Sulteng menyerahkan sertipikat redistribusi tanah obyek sebanyak 5.286 sertipikat.

Yang terdiri dari kantor BPN kabupaten Sigi 255 sertipikat, BPN Poso 1.209 sertipikat, BPN kabupaten Parigi Moutong 1.000 sertipikat, kantor Pertanahan kabupaten Tojo Una-Una 1.500 sertipikat dan kantor Pertanahan kabupaten Toli-Toli 1.322 sertipikat.

“Teknis penyerahan dilaksanakan sesuai lokasi kabupaten yang bersangkutan setelah koordinasi dengan Pemerintah daerah setempat, kecuali untuk kabupaten Sigi diserahkan pada Kantor Wilayah BPN Prov. Sulteng langsung,” ungkap Doni Janarto Widiantono kepada Indonesiakini.id, Rabu (22/9/2021).

“Dasar dari pelaksanaan ini sesuai dengan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Tengah No. 173 /SK-72.NP.02.01/IX/2021,” tambahnya.

Dia menambahkan, untuk masyarakat Sulawesi Tengah yang mewakili penyerahan secara simbolis dari presiden RI yakni 20 orang masyarakat asal kabupaten Sigi, bagian dari program Redistribusi Tanah yang berasal dari kabupaten Sigi.

Selanjutnya kata dia, penyerahan Sertipikat Tanah Tahun 2021 yang berasal dari kegiatan Redistribusi Tanah secara nasional sebanyak 124.120 sertipikat dilakukan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Bogor.

“Diserahkan secara simbolis kepada 30 orang penerima sertipikat yang berasal dari Provinsi Jawa Barat dan Banten di Istana Bogor,” kata Doni Janarto Widiantono.

Kemudian, Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Tengah memiliki beberapa kegiatan diantaranya aset reform atau legalisasi aset dan accses.

Selanjutnya, reform atau pemberdayaan tanah masyarakat. legalisasi asset antara lain melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak Target PBT 74.828 bidang dan Target SHT 50.220 bidang dan Redistribusi Tanah sebanyak 33.113 bidang serta beberapa program strategis lainnya pada kegiatan Bidang Penataan dan Pemberdayaan.

“Dalam kegiatan tersebut diatas masih dalam progres secara simultan dan tentunya harus ada koordinasi yang baik dengan stakeholder terkait dan tentunya perlu adanya dukungan yang kuat dari Pemerintah Daerah setempat,” tegasnya.(MRZ)

Komentar

News Feed