oleh

Hasil Survei Poltracking; Elektabilitas Rusdy – Ma’mun 56,8 Persen, Hidayat – Bartho 25 Persen

PALU, Hasil survei Poltracking Indonesia terhadap peta kekuatan elektabilitas calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah yang dilaksanakan tanggal 20 – 24 Oktober 2020, menunjukan elektabilitas Pasangan Rusdy Mastura – Ma’mun Amir unggul jauh 56,8 Persen dari pasangan Hidayat Lamakarate – Bartholomeus Tandigala yang hanya berada di angka 25,0 persen.

“Dalam survai ini, kami menggunakan metode statified multistage randong sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.200 responden dengan margin of eror kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,” ujar peneliti Poltracking, Faisal saat menyampaikan paparan hasil survei di salah satu hotel di Kota Palu, Senin (2/11/2020).

Dikatakan, klaster servei ini menjangkau 13 Kabupaten dan Kota di seluruh Provinsi Sulaesi Tengah serta proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir. Sedangkan stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih. Metode sampling ini meningkatkan representasi seluruh populasi pemilih serta lebih akurat.

“Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuisioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak. Setiap pewawancara, mewawancarai 10 responden untuk setiap satu desa atau kelurahan terpilih,” jelas Faisal.

Berdasarkan pertanyaan dengan simulasi surat suara, elektabilitas pasangan Rusdy Mastura – Ma’mun Amir berada di angka 56,8 pesen, unggul dari pasangan Hidayat Lamakarate – Bartholomeus Tandigala yang berada di angka 25,0 persen dengan merahasiakan jawaban 5,5 persen dan undicided voters 12,7 persen. Model pertanyaan dengan responden mencoblos simulasi surat suara mempunyai validasi jawaban lebih baik dibandingkan jawaban responden yang disampaikan kepada pewawancara survei.

“Jika tidak ada tsunami politik atau puting beliung politik yang terjadi di Sulteng ini, maka bisa kami pastikan hasil Pilkada nanti tidak akan jauh beda dengan hasil survei ini. Kami sudah memiliki banyak pengalaman dalam melakukan survei termasuk saat Pilpres lalu, hasil survei poltracking selalu hampir sama dengan hasil dari KPU,” ujar Faisal.

Dijelaskan, ada 7 item yang diukur saat melakukan surve diantaranya; popularitas dan akseptabilitas calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, Elektabilitas Calon Gubernur, Elektabilitas Calon Wakil Gubernur, Elektabilitas pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur, Peta sebaran elektabilitas Crosstab pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Potensi Partisipasi dan Preferensi Pemilih dan terakhir kasimpulan.

Faisal mengatakan, dari hasil survei personal Calon Gubernur, selama tiga kali dilakukan surve yakni Juli, September dan Oktober 2020 baik popolaritas maupun elektabilitas, Calon Gubernur Sulteng Nomor Urut 02 Rusdy Mastura, selalu unggul dari Calon Gubernur Nomor Urut 01 Hidayat Lamakarate.

Begitupun dengan Calon Wakil Gubernur Ma’mun Amir selalu lebih unggul dari Calon Wakil Gubernur Bartholomeus Tandigala. mhf

 

Komentar

News Feed