oleh

Hikmah Dibalik Masalah, kata Ustad Das’at Latif

Palu, Indonesiakini.id – Setiap manusia pasti memiliki masalah hidup, baik masalah kecil, masalah sedang maupun masalah besar dan rumit untuk di selesaikan.

Dikutip Indonesiakini.id dari laman youtube ustad Das’at Latif, Jumat 1 Oktober 2021, ustad Das’at Latif menjelaskan, setiap orang memiliki masalah yang berbeda, setiap orang pula dalam menyelesaikan masalah dengan cara yang berbeda-beda.

“Apakah dengan orang mempunyai dosa ada masalah, apakah dengan orang yang tidak berdosa ada masalah, bukan, demi Allah, mestinya para nabi dan rasul tidak ada masalahnya,” kata ustad Das’at Latif.

Nabi Muhammad SAW, salah satu manusia yang dimuliakan langsung oleh Allah SWT, sebagaimana kata Allah dalam hadits kudsinya, andaikan karena bukan engkau wahai Muhammad, saya tidak akan ciptakan dunia ini.

Apakah nabi Muhammad tidak punya masalah, nabi Muhammad ketika masih berusia bulanan ayahnya sudah meninggal dunia, usia enam tahun ibunya meninggal, apakah itu bukan bagian dari masalah yang dihadapi oleh nabi Muhammad dengan menjadi yatim piatu.

Begitupula dengan masalah yang kita hadapi setiap harinya, orang yang buat kegiatan atau pesta, pasti memiliki masalah, orang yang ingin mendapatkan pekerjaan karena belum bekerja pasti disana ada masalah.

Banyak sekali masalah yang kita hadapi setiap harinya, namun dengan masalah tersebut apa kita harus lari dari kenyataan tentu tidak.

Masalah ingin jadi pegawai negeri, masalah ingin jadi polisi, ingin punya uang banyak, ingin punya kedudukan dan martabat tinggi, apakah masalah itu ingin kita lari darinya, jawabannya tentu tidak.

Kata ustad Das’at Latif, dibalik dari masalah tersebut salah satu cara untuk bisa menyelesaikan polemic hidup kita yakni dengan cara dekatkan diri kita kepada Allah SWT.

“Cara mendekatkan dengan apa, dengan berdoa, Allah SWT sudah janji, minta kepadaku akan aku penuhi permintaanmu,” ujar ustad Das’at Latif.

“Pasti saya kasih, itu janji Allah bukan janji para caleg dan semacamnya,” jelasnya.

Selanjutnya, kata dia, dibalik dari suatu masalah yang kita hadapi tentunya ada hal-hal penting yang tersirat dan kita tidak ketahui hikmah dibalik masalah tersebut.

Bisa jadi, kata ustad Das’at, jika kita secepatnya diselesaikan masalah oleh Allah, kita bisa jadi sombong, bisa jadi durhaka karena kesombangan tadi.

Makanya Allah buatkan kita masalah, agar kita memang benar-benar merenung dan disuruh untuk memahami atas masalah tersebut.

Tetap dengan keyakinan, bahwa setiap ada masalah hidup ada jalan keluarnya, ada hikmah dibalik dari masalah, dan yang terpenting jangan sampai kita frustasi atau bunuh diri hanya karena tidak bisa menyelesaikan masalah.

Pesan ustad Das’at Latif, jika ada masalah datangi kepada yang memberi masalah, bukan mendatangi kepada keluarga, bukan mendatangi kepada atasan kerja kita, tetapi datangi Dia, karena dia adalah yang menetapkan masalah dan yang memberi solusi atas masalah kita.

“Siapa dia, yakni Allah SWT,” jelasnya.(MRZ)

Penulis : Mohammad Rizal

Sumber : youtube

Komentar

News Feed