oleh

Kembangkan Kajian Islam Moderat Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru

Palu, Indonesiakini.id – Salah satu visi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu dalam mengenjot mahasiswa-mahasiswi baru dalam penerimaan mahasiswa yakni lebih kepada mengembangkan kajian islam moderat dengan berbasis Integrasi Ilmu, Spitualitas dan Kearifan Lokal.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu  Dr. Mohamad Idhan, M.Ag, mengatakan, UIN Datokarama Palu terus melakukan pengembangan moderasi beragama dengan mengembangkan kajian islam yang moderat berbasis integrasi Ilmu, spiritualitas dan kearifan lokal, dalam setiap gerak dan langkah memajukan Visi UIN Datokarama Palu.

Termasuk didalamnya pada penerimaan mahasiswa baru nantinya, baik dalam pelaksanaan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) atau Orientasi Pengenalan Kampus (OPAK) maupun saat aktif kuliah sesuai dengan kalender pendidikan pada awal September mendatang.

“Visi UIN Datokarama Palu kan mengembangkan kajian islam yang moderat berbasis integrasi ilmu, Spiritualitas dan kearifan lokal. Moderasi beragama atau Islam Wasathiyah itu konsep kita, Insya Allah materi-materi yang terkait dengan moderasi keislamanan akan kita selipkan dalam penyelenggaraan PBAK maupun pada aktif kuliah sesuai dengan kalender pendidikan kepada seluruh mahasiswa baru,” ungkapnya kepada Indonesiakini.id, Selasa (3/8).

“Jadi, sejak awal kita masukan materi tentang integrasi islam, itu salah satunya,” tambahnya.

Selain itu kata Dr. Idhan, dalam memajukan lembaga perguruan tinggi keagamaan islam negeri Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, setelah dinyatakan sah sebagai pengganti dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, yakni dituntut kepada seluruh mahasiswa baru maupun yang lama, untuk terus mengembangkan potensi melalui prestasi belajar.

Hal ini minimal jika mahasiswa di masing-masing Program Studi (Prodi) yang menjadi pilihannya memiliki prestasi yang membanggakan, tentunya dapat mendorong dan menggenjot nilai akreditasi bagi Program Studi (Prodi) nya masing-masing.

“Yang lainnya, kita mendorong mahasiswa supaya berprestasi secara akademik maupun non akademik, karena itu sangat berkontribusi terhadap pengembangan lembaga, terutama Program Studi di mana mahasiswa itu kuliah,” ungkapnya.

“Jadi, ketika mahasiswa berprestasi baik akademik maupun non akademik, itu akan mengenjot nilai akreditasi di prodinya masing-masing,” kata Dr. Idhan.

Untuk itu, selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, dia mengharapkan, seluruh jajaran di lingkungan kampus UIN Datokarama Palu, baik dari mahasiswa maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada, untuk bersama-sama berkontribusi dalam meningkatkan pengembangan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu kedepannya, agar lebih baik dari sisi kualitas mutu dan lebih membanggakan.

“Seluruh yang terlibat, mahasiswa maupun lembaga yang ada di kampus atau UKM, terus melakukan pengembangan, mencari ilmu pengetahuan, tentunya dengan sikap, prilaku, keterampilan, sesuai dengan penerapan materi-materi kajian keislaman,” tegasnya.(MRZ)

Komentar

News Feed