oleh

KPU Palu Mulai Lakukan Pelipatan Surat Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu

PALU, SULTENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, mulai melakukan pelipatan surat suara Pemilihan Walikota (Pilwakot) dan Wakil Walikota Palu tahun 2020 dengan melibatkan Mahasiswa Universitas Tadulako (Untad).

“Yang masuk dalam kriteria surat suara rusak seperti sobek, kusut, gambar kabur, berbayang dan tinta noda yang berserakan sampai tadi dilakukan pelipatan, tidak terdapat di kertas suara tersebut,”ujar Agussalim Wahid seperti dilansir sultengnews, Sabtu (21/11/2020).

Agussalim mengatakan, pelipatan surat suara oleh KPU Kota Palu melibatkan 100 Mahasiswa Untad yang langsung di kordinir salah satu dosen.

“Karena mereka ini yang sudah terlibat dalam Pemilu 2019. Memang teman-teman ini sudah berpengalaman, sehingga mereka cepat melakukan pelibatan surat suara,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, sebelum dilakukan pelipatan surat suara, dirinya langsung melakukan briving kepada mahasiswa tersebut, untuk memberikan arahan agar dapat melakukan pelipatan surat suara sebaik mungkin.

“Kita masih melihat perkembangannya, karena teman-teman masih melakukan pelipatan surat suara sampai besok,”ungkapnya

Agussalim menuturkan, jumlah yang dilipat oleh mahasiswa itu sejumlah 259.234 eksemplar surat suara dikurangi dari 2.000 eksemplar suart suara yang dipersiapkan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) jika hal itu terjadi.

“Sesuai dengan undang-undang dan PKPU, bahwa ada 2.000 eksemplar suart suara yang perlu disiapkan penyelenggara untuk PSU,” tuturnya.

Disampaikan, waktu pelipatan surat suara memungkinkan sampai 3 hari, sampai dengan proses pengikatan dan selanjutnya di packing untuk pengepakkan persiapan distribusi.

Agussalim menambahkan, KPU Kota Palu masih menunggu surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng dan berharap dalam waktu yang sama juga bisa segera diselesaikan.

Dia juga menjelaskan, pihaknya memiliki tugas tambahan ditengah pandemi covid-19 yakni dengan penyiapan segala protokol kesehatan yang akan di distribusikan ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Sekarang ini tugas kita bertambah, karena ada APD yang perlu di sortir sesuai dengan kebutuhan seperti tempat cuci tangan, tisu dan baju Hasmat untuk memastikan masyarakat tetap aman dari covid-19 datang ke TPS,”tandasnya. DAL

Komentar

News Feed