oleh

Masuki Masa Tenang Pilkada 2020, Bawaslu Kota Palu Copot Seluruh APK

Palu, Indonesiakini.id– Memasuki masa tenang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tanggal 9 Desember 2020 yang tersisa hanya beberapa hari lagi, sehingga Alat Peraga Kampanye (APK) dari  semua pasangan calon (paslon) dibersihkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palu.

Kegiatan tersebut dilakukan pada minggu (6/12/2020) dan dipimpin langsung oleh ketua Bawaslu Kota Palu, Ivan Yudharta S.sos bersama anggota jajaran bawaslu dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Terkait masa tenang yang mulai dari tanggal 6-8 Desember 2020, semua APK yang berada di Kota Palu dan wilayah lainnya harus di turunkan.

“Ini berlangsung selama tiga hari, dan malam ini hanya di empat titik, untuk mantikulore kita kordinir langsung. Saya sendiri mantikulore dan Palu Timur kemudian dari kordif juga ada yang ke Palu Selatan, ada yang ke tatanga dan Palu Barat,” jelas Ivan.

Adapun wilayah yang jauh dikordinir oleh panwaslu kecamatan dan kelurahan yang sudah bergerak juga untuk menurunkan APK yang ada.

“Terkait dengan sejumlah tempat itu kita sudah sampaikan lewat surat himbauan untuk menurunkan sejak malam ini dan semua teman-teman seindonesia, aktivitas ini untuk melakukan penurunan atas APK,” ungkapnya

“Kalau untuk baliho billboard kami sudah menyurat ke tim-tim paslon dan paslonnya sendiri untuk menurunkan sendiri, karena itu ada pihak pengelolanya. Dan juga kami tidak memiliki alat untuk naik diatas karena itu resiko sebenarnya,” lanjut ivan

Dia juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyurat ke dinas lingkungan hidup untuk masa pembersihan.

Dalam kesempatan itu juga Ketua Bawaslu Kota Palu menyampaikan untuk media di masa tenang tidak di perbolehkan menaikkan semua iklan dan pemberitaan mengenai kampanye sejak tanggal 5 terakhir.

“Kalau pemberitaan-pemberitaan dalam bentuk kegiatan zikir itu tidak apa-apa, asal jangan berkampanye. Yang dilarang itu adalah berkampanye entah itu iklan kampanye kemudian juga penyampain-penyampaian selama di masa tenang ini tidak ada aktifitas kampanye,”tutupnya. NUR

Komentar

News Feed