oleh

Meski Berakhir, Warga Terpapar Covid-19 Masih Dalam Pengawasan

Palu, Indonesiakini.id – Meski telah berakhir penutupan lokasi Perumahan Dosen (Perdos), kelurahan Tondo, kecamatan Mantikulore, kota Palu, namun warga kelurahan yang masih terpapar kasus covid-19 masih dalam pengawasan.

Kebijakan Lock Down dengan skala Lock Mikro Efektif oleh Pemerintah Kota Palu satu minggu yang lalu di Perumahan Dosen (Perdos), kelurahan Tondo, disebabkan akibat dari tingginya angka kasus covid-19.

PETUGAS: Petugas gabungan yang bertugas di perbatasan lokasi Perdos.
FOTO : IST

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol-PP) Kota Palu Trisno Yunianto, mengatakan, masyarakat yang bermukim di Perumahan Dosen (Perdos) sudah bisa beraktivitas kembali seperti semula, setelah ditetapkan telah berakhirnya penutupan lokasi Perdos akibat dari tingginya angka kasus pasien covid-19 yang menimpa dilokasi Perdos beberapa waktu lalu.

Namun, kata Trisno, meskipun telah berakhir penutupan, bagi warga yang masih terpapar covid-19 tetap dalam pemantauan, pengawasan serta rumahnya masih ditandai oleh bendera merah.

“Tadi pagi di hari Minggu ini, pukul 06.00 pagi hari petugas dari personil sudah kita tarik semuanya. Di lokasi penutupan Perdos sudah longgar kembali,” ungkapnya kepada Indonesiakini.id, Minggu (22/8/2021).

“Sebanyak 70 personil baik dari Satpol-PP 30 orang, Dishub 20 orang, TNI 10 orang dan Kepolisian 10 orang, sudah ditarik semuanya,” tambahnya.

Kemudian dia menjelaskan, yang memastikan nantinya tidak lagi dalam pemantauan, pengawasan bagi warga yang terpapar covid-19 di Perdos, serta bisa beraktivitas kembali semula layaknya masyarakat lainnya, yakni dari Dinas Kesehatan sebagai penanggung jawab dalam pelayanan kesehatan kepada warga terpapar covid-19.

“Nanti dari Puskesmas yang tentukan, apakah sudah bisa diberlakukan bebas dalam beraktivitas atau tidak, karena itu tugas mereka dalam penanganan kasus covid-19 di Perdos,” kata Trisno.

Selanjutnya, Trisno menegaskan, dengan adanya penetapan Lock Mikro Efektif selama satu minggu yang lalu, Pemerintah Kota Palu bisa memastikan adanya penurunan angka dan memperkecil penularan, penyebaran warga Perdos dalam terpapar kasus covid-19.

“Alhamdulillah, bisa memperkecil angka kasus covid-19 di sana,” ujarnya.

“Kita juga telah mengetahui warga yang terpapar covid-19 siapa semua, warga isoman siapa semua, karena kita miliki data lengkap,” ungkapnya.

“Kepada warga kota Palu, utamanya warga Perdos, untuk terus dan tetap dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Ini tentunya demi tujuan bersama yakni menurunkan angka kasus dari penyebaran covid-19 di kota Palu,” tegasnya.(MRZ)

Komentar

News Feed