oleh

Operasi Yustisi Covid-19, Belum Ada Pemberian Sanksi

Palu, Indonesiakini.id – Himbauan kepada seluruh pelaku usaha, baik pemilik restoran, hotel dan penginapan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan pencegahan covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah belum masuk pada tataran penindakan dalam bentuk pemberian sanksi.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Tim Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sulteng Saleh A. Modady, bersama dengan Satgas penanganan covid-19, mendatangi seluruh pelaku usaha dengan menghimbau terus menjaga Protokol Kesehatan (Prokes), namun tidak dalam penindakan melalui pemberian sanksi bagi pelaku usaha yang terjaring tidak mematuhi Prokes covid-19.

“Kami mendatangi pemilik usaha hotel, penginapan dan seluruh yang ada di kota Palu dan di luar kota Palu, untuk terus menghimbau dengan tetap menerapkan Prokes covid-19 namun tidak dalam bentuk penindakan pemberian sanksi yang melanggar,” ungkap Saleh kepada Indonesiakini.id saat ditemui langsung di salah satu hotel yang ada di kota Palu, Jumat (13/8/2021).

“Untuk penindakan, kita masih menunggu perintah selanjutnya,” sebutnya.

Saleh, Kepala Seksi (Kasi) Penegakkan Perda Satpol-PP Provinsi Sulawesi Tengah menambahkan, himbauan langsung ke seluruh pelaku usaha, tentu telah disesuaikan dengan Surat Edaran (SE) Gubernur Sulteng yang menekankan terhadap Prokes Covid-19 tetap diberlakukan kepada seluruh pelaku usaha yang ada, termasuk di dalamnya batas maksimal orang atau tamu yang berkunjung ke usaha tersebut.

“Himbauan yang kita laksanakan ini merupakan penegakan protokol kesehatan, dan kita sesuaikan dengan SE Gubernur Sulteng. Setiap pelaku usaha 30 persen tetap berjalan usaha nya atau membatasi orang atau tamu yang datang berkunjung,” kata Saleh.

Ditegaskan kembali, meskipun saat ini belum ada perintah penindakan dalam bentuk pemberian sanksi kepada pelaku usaha yang tidak mematuhi protokol kesehatan covid-19, namun karena tahapan sosialisasi maupun himbauan telah dilakukan beberapa waktu yang lama, tentu harapan bersama agar seluruh warga kota Palu, pemilik usaha hotel, penginapan dan sejenisnya, untuk terus dan tetap menegakkan Prokes demi menjaga agar penyebaran covid-19 di kota Palu tidak meningkat.

“Dalam hal ini kita tetap kedepankan protokol kesehatan kepada warga masyarakat kota Palu maupun warga yang ada di luar kota Palu,” ujarnya.

“Protokol kesehatan sangat diutamakan di dalam menangani covid-19 tegasnya.(MRZ)

Komentar

News Feed