oleh

Optimalisasi Pelayanan Akademik Terus Dilaksanakan di Masa PPKM

Palu, Indonesiakini.id – Optimalisasi untuk pelayanan akademik di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu terus dilaksanakan secara baik dan terukur, meski saat ini masih dalam masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) covid-19 dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah serta Pemerintah Kota Palu.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Datokarama Palu Dr. Hamlan, menuturkan, saat ini, meskipun di masa PPKM covid-19, seluruh pelayanan akademik di fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Datokarama Palu tetap berjalan dan terlaksana dengan baik, dengan tetap pelaksanaannya menggunakan metode Daring maupun Luring.

Tahapan-tahapan pelaksanaan pelayanan akademik lanjut Dr. Hamlan, seutuhnya mengikuti kebijakan nasional dan disesuaikan dengan arahan dari Kementerian Agama pusat, di masa PPKM Covid-19.
“Kita ini kan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah, kita mengikuti arah dan kebijakan bagaimana kebijakan itu sampai di tingkat lembaga kampus. Namun, tetap melaksanakan aktivitas kegiatan-kegiatan layanan akademik, khususnya layanan administrasi akademik dalam proses pelaksanaan ujian-ujian yang ada di kampus, khususnya bagi mahasiswa dari 9 program studi di fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,” ungkapnya kepada Indonesiakini.id, Jumat (13/8/2021).

“Intinya, meski masih dengan penerapan PPKM, pelaksanaan layanan akademik terus berjalan dengan metode Daring maupun Luring,” sebutnya.

“Dan baru-baru ini kami baru saja melaksanakan Yudisium dengan pelaksanaan Daring melalui aplikasi zoom,” tambahnya.

Selanjutnya tambah dia, UIN Datokarama Palu melalui fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, tengah mempersiapkan dalam menghadapi proses perkuliahan tahun ajaran baru sesuai dengan kalender pendidikan nasional pada awal bulan September mendatang, khususnya di fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Sejauh ini, seluruh tahapan-tahapan pelaksanaan administrasi untuk di lingkungan fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sendiri melalui penerimaan mahasiswa di 9 program studi, sedang dalam pelaksanaan menyelesaikan tahapan-tahapan administrasi yang harus diselesaikan oleh seluruh mahasiswa baru.

“Dalam tahapan penerimaan itu, pertama kami menyiapkan seluruh layanan administrasi melalui proses Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) secara aplikasi online, untuk memastikan mahasiswa itu setelah mereka membayar uang tunggal mereka, kami instruksikan untuk mencentang Kartu Rencana Studi (KRS) sesuai dengan mata kuliah semester ganjil, dan dilaksanakan secara online,” ujarnya.

“Ini yang sedang kita persiapkan sambil dengan menyelesaikan seluruh tahapan-tahapan administrasi lainnya bagi mahasiswa yang menyelesaikan studi,” kata Dr. Hamlan.

”Kita tetap akan mengikuti seluruh kebijakan dari Kementerian Agama dalam tahapan perkuliahan kegiatan akademik dan pada tahap ini tentunya kami akan menyesuaikan kebijakan nasional, di masa PPKM Covid-19,” tegasnya.(MRZ)

Komentar

News Feed