oleh

Pelaksanaan PPL Mahasiswa, Upaya Meningkatkan Kompetensi Lulusan

FTIK UIN Datokarama Palu Gelar Pelaksanaan PPL Mahasiswa Angkatan Pertama Periode 2021/2022

Palu, Indonesiakini.id – Dengan tema “Aktualisasi Keilmuan Mahasiswa dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik dan Professional Berwawasan Islam Moderat di Era Revolusi Four Point Zero atau 4.0”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Datokarama Palu menggelar pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa angkatan pertama 2021/2022, sebagai upaya dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan.

Pada pelaksanaan yang digelar oleh FTIK UIN Datokarama Palu tersebut, dibuka langsung oleh Rektor UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, dengan dihadiri oleh seluruh pimpinan fakultas dan Program Studi FTIK, dosen pembimbing, guru berpengalaman dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu sebagai narasumber, dosen fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dari Untad sebagai narasumber, serta seluruh mahasiswa yang akan mengikuti pelaksanaan PPL angkatan pertama dari tanggal 27 September-30 Oktober 2021 nantinya.

Rektor UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd, berpesan dan mengharapkan kepada seluruh mahasiswa PPL untuk benar-benar menguasai empat kompetensi guru, ketika nantinya melaksanakan PPL secara nyata dilapangan.

Hal ini kata dia, tentu semangat dengan memiliki empat kompetensi guru yang diketahui, miminal sebagai perwujudan dari guru dan pendidik yang sesungguhnya secara professional.

“Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), diharapkan bisa memberikan penguatan pada setiap mahasiswa PPL dalam penguasaan 4 kompetensi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi personal dan kompetensi sosial,” kata Prof. Sagaf kepada Indonesiakini.id, Selasa (21/9/2021) pagi.

“Sebagai perwujudan dari guru dan pendidik yang professional,” tambahnya.

Sementara Dekan FTIK UIN Datokarama Palu Dr. Hamlan, menuturkan, pelaksanaan pembekalan mahasiswa PPL angkatan pertama ini nantinya akan ditempatkan di sekolah atau madrasah yang tersebar di kota Palu, Donggala dan kabupaten Sigi.

“Jumlah mahasiswa PPL sebanyak 528 orang, jumlah dosen pembimbingnya 40 orang, jumlah madrasah atau sekolah tempat PPL sebanyak 40 sekolah, tersebar di kota Palu, Donggala dan kabupaten Sigi,” sebutnya.

“Mengapa tema ini bagian dari yang urgent, karena salah satu pendiri fakultas Tarbiyah itu adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa nya menjadi guru yang memiliki kompetensi,” sebutnya.

Kemudian, Dr. Hamlan menambahkan, seluruh kompetensi ilmu yang dibingkai oleh mahasiswa PPL dalam memahami atau wawasan islam moderat, basisnya berdasarkan oleh integarasi ilmu, spritualitas dan kearifan local.

Ini sebagai bagian dari visi misi lembaga kampus UIN Datokarama Palu, dan telah di breakdown ke dalam visi misi fakultas yang penciriannya adalah pada aspek pengembangan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di FTIK.

“Ini yang kita bekali semua  kepada mahasiswa untuk mengikuti Praktrek Pengalaman Lapangan (PPL),” kata Dr. Hamlan.(MRZ)

Komentar

News Feed