oleh

Pemkot Tidak Anggarkan Penyediaan Vaksin Sinovac

Palu, Indonesiakini.id – Pemerintah Kota Palu tidak menyediakan anggaran untuk penyediaan vaksin sinovac, melainkan menunggu pemberian distribusi vaksin sinovac dari pemerintah pusat.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu dr. Husaema, mengatakan, seutuhnya kesediaan vaksin sinovac bergantung distribusi dari pemerintah pusat, sehingga Pemerintah Kota Palu sendiri tidak menyediakan anggaran untuk penanganan penyediaan vaksin sinovac.
“Vaksin Sinovac dari pusat yang sediakan bukan kebijakan dari Pemkot (penyediaan anggaran),” ungkapnya kepada Indonesiakini.id belum lama ini.
“Vaksinasi merupakan program dari pemerintah pusat, sementara pemerintah daerah hanya pelaksanaan vaksinasi saja,” tambahnya.
Saat ini, lanjut Husaema, di gudang farmasi milik Dinas Kesehatan Kota Palu untuk ketersediaan vaksin sinovac mengalami kekosongan atau sama sekali nol.
Sebab, sudah beberapa hari ini distribusi bantuan vaksin sinovac dari provinsi melalui pemberian bantuan langsung dari pemerintah pusat, belum diterima oleh Pemerintah Kota Palu.
“Dari provinsi belum ada distribusi ke kota, makanya sekarang lagi kosong, termasuk di gudang farmasi sendiri,” sebutnya.
“Minggu lalu kita terima 300 vial (untuk 3000 vaksin), dua hari langsung habis,” bebernya.
Dia menambahkan, jika Dinas Kesehatan Provinsi menerima bantuan distribusi vaksin dari pemerintah pusat, bantuan vaksin tersebut distribusi oleh provinsi bukan hanya untuk kota Palu saja, melainkan seluruh kabupaten dan kota yang ada di provinsi Sulawesi Tengah.
“Kita hanya terima setiap dikasih sama provinsi paling banyak 300 vial, karena bukan hanya kota Palu saja yang butuh tetapi ada daerah lainnya yang diberikan sama provinsi,” ungkapnya.
“Vaksin yang diberikan sama kita, contoh 300 vial, kita langsung distribusikan ke seluruh puskesmas-puskesmas yang ada. Makanya, sering di gudang farmasi selalu mengalami kekosongan karena setelah masuk vaksin langsung kita distribusikan,” ujar Husaema.
Saat ini, tegas Husaema, Pemerintah Kota Palu masih menunggu distribusi vaksin sinovac dari provinsi untuk disebarkan ke masing-masing puskesmas yang melayani pelaksanaan vaksinasi kepada seluruh masyarakat kota Palu.
“Kita masih menunggu, sampai sekarang vaksin belum masuk. Semoga secepatnya vaksin ada dan diperuntukkan untuk pelaksanaan vaksinasi ke masyarakat,” tutupnya.(MRZ)

Komentar

News Feed