oleh

Positif Covid-19, Tiga Kafilah MTQ Asal Sulteng Batal Berangkat ke Padang

PALU, SULTENGNEWS.COM – Tiga kafilah peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) asal Sulawesi Tengah (Sulteng), batal berangkat mengikuti MTQ Tingkat Nasional ke 28 di Padang, Sumatra Barat, karena hasil swab positif Covid-19.

Hal itu disampaikan ketua panitia Dra. Sitty Hasbia Zaenong, M.Si dalam laporan panitia pada acara pelepasan kafilah peserta MTQ tingkat nasional asal Sulteng di Paramasu Hotel, Rabu (11/11/2020).

“Awalnya peser kita kita sebanyak 51 orang. Namun tujuh orang mundur dan tiga orang positif covid-19 hasil tes swab, sehingga jumlahnya tinggal 41 orang yang akan berangkat mengikuti MTQ tingkat Nasional di Padang,” ujar Sitty Hasbia Zaenong dihadapan Gubernur Sulteng, Drs. Longki Djanggola, M.Si dan para kafila lainnya.

Dikatakan, selain peserta, ikut berangkat adalah pelatih sebanyak 8 orang, pendamping 13 orang serta Asisten Administrasi Pemerintahan Ir. H.M Faizal Mang, MM sebagai penanggungjawab kafilah.

Sesia jadwal, rombongan kafilah MTQ Tingkat Nasional asal Sulteng akan berangkat pagi ini pukul 07.00 Wita dari Palu menuju Padang, Sumatra Barat.

“Adapun cabang lomba yang akan diikuti terdiri dari delapan cabang yaitu seni baca Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, Seni Kaligrafi Al-Qur’an dan Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an,” jelas Sitty Hasbia Zaenong.

Sementara itu, Gubernur Sulteng Drs. Longki Djanggola, M.Si dalam sambutannya mengatakan, para peserta dan pelatih harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa tampil secara maksimal dan prima saat ikut lomba.

“Keinginan untuk merai juara dalam setiap ajang perlombaan itu sudah pasti, namun untuk bisa meraihnya, pastilah ditentukan oleh seluruh komponen yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam memberikan kontribusi yang nyata dan positif dalam setiap kegiatan,” ujar Gubernur.

Menurut Gubernur, hal yang perlu diingat bahwa disamping mencari predikat juara untuk mengharumkan nama daerah, namun yang menadi hal utama dalam keikut sertaan di ajang MTQ ini, adalah para peserta mampu membawa misi dakwah dan siar islam, serta pemahaman dan pengamalan isi kandungan Alqur’an yang semakin meningkat dalam diri untuk dilaksanakan dalam aktifitas keseharian sekaligus sebagai pedoman dan petunuk untuk umat islam.

“Kepada para peserta, saya ingatkan jaga kesehatan kalian, tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan 3 M yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga jarak. Istirahat yang cukup, makan makanan yang baik dan bergizi, serta tawakal dan mengharapkan Ridho Allah SWT,” pesan gubernur.

Gubernur menekankan bahwa memakai masker itu wajib hukumnya, apalagi nanti di Padang suasananya lain, suasana masyarakat begitu padat orangnya. Belum lagi, tingkat kematian dan penularan Covid-19 di Sumatra Barat itu cukup tinggi, tapi tingkat pencegahannya juga cukup tinggi.

“Artinya disamping penularannya cukup tinggi, namun pencegahannya juga tinggi dan diakui oleh nasional. Tapi karena tingkat penularanya tinggi diawal, maka tertus tercatat tinggi,” lanjut gubernur.

Terkait dengan kafilah yang mundur dan tidak bisa berangkat karena positif swab, gubernur mengusulkan agar kedepan diusulkan ke pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Agama saat rapat LPTQ Tingkat Nasional agar bisa juga didaftarkan cadangan, sehingga jika ada yang tidak bisa berangkat, bisa digantikan.

“Kalua begini kita rugi, karena dari sisi anggaran kita sudah siapkan, tapi tidak bisa diganti. Akhirnya kita yang rugi, karena tidak bisa lagi ikut nomor lomba yang pesertanya tidak bisa berangkat,” kata gubernur.

Mestinya lanjut gubernur, ada cadangan – cadangan yang ikut didaftarkan. Tidak nanti keadian, baru di daftarkan. Tapi harus komitmen bahwa yang pertama yang menjadi prioritas, nanti digantikan jika yang pertama tidak bisa berangkat.

“Nanti kan ada rapat LPTQ tingkat nasonal, nanti diusulkan dan bawah contoh kasus seperti yang kita alami ini, tidak bisa berangkat karena hasil swab positif covid-19 sehingga harus karantina 14 hari,” tandasnya. FUL

Komentar

News Feed