oleh

Prof. Sagaf Jabat Rektor UIN Datokarama Palu

Setelah Dilantik Menag Resmi Tanggal 1 Oktober 2021

Palu, Indonesiakini.id – Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu setelah dilantik oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, pada tanggal 1 Oktober 2021, lalu.

Selain melantik Rektor UIN Datokarama Palu, Menteri Agama pula melantik lima Rektor UIN secara bersamaan pada tanggal 1 Oktober 2021, beberapa waktu lalu.

Rektor UIN Datokarama Palu didampingi oleh istri dan jajaran petinggi UIN Datokarama Palu.
FOTO : IST

Rektor UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd, menjelaskan, pelantikan Rektor UIN Datokarama Palu, merupakan bagian dari pemenuhan struktur kelembagaan UIN setelah Perpres tentang UIN Datokarama Palu ditandatangani presiden RI tanggal 8 Juli 2021, dan diundangkan tanggal 12 Juli 2021.

“Pada tanggal 1 Oktober 21 tersebut, ada 6 Rektor UIN seluruh Indonesia yang baru saja bertransformasi di lantik oleh  menteri agama RI, Yaqut Cholil Qoumas termasuk Rektor UIN Datokarama Palu,” kata Prof. Sagaf kepada Indonesiakini.id, Senin (4/10/2021).

Menteri Agama berpesan, lanjut Rektor UIN Datokarama Palu, agar dalam mengelola Perguruan Tinggi (PT) senantiasa mendengarkan masukan dari berbagai pihak untuk kemajuan organisasi.

Kemudian, UIN Datokarama Palu, sesuai visi nya mengembangkan kajian Islam moderat, akan terus mengaplikasikan dalam konsep pengelolaan kelembagaan sebagai ciri khas atau distingsi UIN Datokarama Palu.

“Setelah Pelantikan Rektor, maka selanjutnya akan dilakukan penataan struktur organisasi yang mengacu pada Ortaker UIN Datokarama Palu,” lanjut Prof. Sagaf.

Pelantikan terhadap Rektor UIN Datakorama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd dan sejumlah Rektor lainnya oleh Menteri Agama, dilakukan secara virtual.

“Sebelum saya mengambil sumpah, saya Menteri Agama Republik Indonesia ingin bertanya kepada saudara-saudara, apakah saudara-saudara bersedia menghadap sumpah menurut agama masing-masing,” tanya Menag Yaqut kepada para pejabat yang dilantik.

“Bersedia” kata para pejabat yang dilantik termasuk Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi MPd.

Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd, berhasil membawa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu beralih status menjadi UIN Datokarama Palu. Alih status kelembagaan itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2021, yang diundangkan dan mulai berlaku sejak tanggal 12 Juli 2021.

Atas alih status itu dan sesuai dengan Peraturan Menteri Agama nomor 17 tahun 2021 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Agama nomor 68 tahu 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian rektor/ketua perguruan tinggi keagamaan yang diselenggarakan oleh pemerintah, maka Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd, dilantik oleh Menag Yaqut.

Kepada pejabat yang dilantik, Menag Yaqut mengajak untuk meluruskan niat sebelum memangku jabatan, dan bersikap low profile. Sehingga, siapa pun tidak segan memberi masukan, saran atau kritik yang diperlukan bagi perbaikan dan kemajuan organisasi.

“Sebagai pimpinan, saudara-saudara akan terselamatkan dari kesalahan dan kekeliruan karena mendengarkan saran dan kritikan, bukan karena sanjungan dan pujian,” kata Menag.(MRZ)

Komentar

News Feed