oleh

Proyek Revitalisasi, Delapan Bulan Tidak Jualan

Palu, Indonesiakini.id – Delapan bulan lamanya pedagang tidak berjualan, akibat adanya pekerjaan proyek revitalisasi pasar Bambaru atau dikenal dengan pasar Tua yang beralamat di sekitar jalan Teuku Umar sejak pertengahan tahun 2020 lalu, kota Palu.
Dari hasil pantauan Radar Sulteng dilokasi, rencana sebelumnya dari Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Palu melanjutkan pekerjaan tahap dua setelah pekerjaan tahap satu berakir pada akhir bulan April 2021 yang lalu. Namun hingga hari Minggu (1/8) kemarin, belum terlihat ada pekerja proyek yang melanjutkan pekerjaan revitalisasi.
Bahkan, lokasi pasar Bambaru atau pasar tua, masih dikelilingi oleh seng serta begitu sebaliknya sejumlah pintu utama di pasar Bambaru masih terkunci rapat.
Sunardih, salah seorang pedagang pasar Bambaru dan sekaligus sebagai pengurus asosiasi pedagang pasar Bambaru, mengaku, sudah delapan bulan tidak berjualan karena dengan adanya proyek revitalisasi pasar Bambaru.
“Saya minta ampun sudah delapan bulan saya tidak jualan, mau makan apa saya,” ungkapnya kepada Indonesiakini.id belum lama ini.
“Kalau bisa dalam waktu dekat pasar Bambaru sudah bisa dibuka kembali untuk jualan,” sebutnya.
“Kita ingin secepatnya jualan. Sebagian teman-teman bilang, kasihan bangunan itu kalau tidak dimanfaatkan,” tambahnya.
Menurutnya, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi covid-19, apalagi dengan adanya pemberlakuan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat ini, sekiranya kegiatan ekonomi masyarakat perlu ditingkatkan demi untuk kelangsungan mata pencaharian serta menambah penghasilan daerah kota Palu.
“Seharusnya pemerintah karena lajur pertumbuhan ekonomi kita dibutuhkan, maka kran-kran ekonomi yang tersumbat harus dibuka,” bebernya.
“Masalah PPKM kalau berjualan, tetap kita atur sesuai dengan protokol kesehatan covid-19,” kata Sunardih.
Ditegaskannya kembali, jika Pemerintah Kota Palu tetap dengan melanjutkan pengerjaan proyek tahap dua lanjutan, maka tetap memprioritaskan nasib dari pedagang aktif dan terdata di pasar Bambaru atau pasar Tua.
“Kita berharap bersama, tahap dua lanjut dan pedagang tetap berjualan,” harapnya.
Pada pemberitaan sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu tinggal selangkah lagi untuk melanjutkan pekerjaan proyek lanjutan tahap dua revitalisasi pasar Bambaru, yakni menunggu kesiapan dari pelaksana proyek memulai pekerjaan.(MRZ)

Komentar

News Feed