oleh

Ratna Dewi Petalolo : Proses PAW Anggota Bawaslu Sulteng Sudah Sesuai Prosedur

PALU, SULTENG – Adanya desakan transparansi proses pergantian anggota Bandan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulteng, Pengganti Antara Waktu (PAW) yang menetapkan Inong, SH, MH mendapat tanggapan dari Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Petalolo.

Mantan ketua Bawaslu Sulteng ini mengatakan, proses pergantian PAW Bawaslu Sulteng yang menetapkan Inong, SH, MH sudah sesuai prosedur di Bawaslu.

“Proses PAW-nya sudah sesuai dengan ketentuan perundang – undangan. Prosesnya sudah dilakukan verifikasi.  Tidak ada lagi fit and propertes. Kita mengundang mereka itu, hanya untuk memastikan mereka masih bersedia, tidak terlibat partai dan tidak terlibat kejahatan. Kan penting kami tahu itu,” ujar Ratna Dewi Petalolo saat ditemui sultengnews.com di Hotel Best Westerm Coco, Palu.

Ratna menjelaskan, urutan PAW yang dipertanyakan dalam proses penentuan PAW Bawaslu Sulteng, tidak seperti yang berkembang di masyarakat bahwa ada urutan dari setiap PAW itu.

“Bawaslu tidak pernah membuka urutan itu ke publik, karena itu kebijakan internal Bawaslu. Tapi, kami bisa pertanggungawabkan hal itu,” kata Ratna Dewi Petalolo.

Dia mencontohkan, misalnya ada dalam satu kabupaten lima orang komisionernya, maka urutan 6 sampai 10 tidak diumumkan kepublik dengan pertimbangan internal di Bawaslu, karena itu dia mengaku heran jika ada yang mengaku tahu soal urutan itu.

“Soal transparansi itu, kan bukan berarti harus telanjang. Ada beberapa data yang dikecualikan dan itu disebutkan tegas di Perbawaslu kita. Seingat saya pergantian PAW ini adalah salah satu yang dikecualikan untuk tidak dibuka ke publik. Kecuali dimintakan dipersidangan, baru kami akan buka,” katanya.

“Kalua untuk kepentingan hukum, kami buka. Tapi kalau untuk kepentingan permintaan perorangan atau lembaga, kami tidak akan buka meskipun itu desakan publik,” tegas Ratna Dewi Petalolo.

Seperti diketahui, Bawaslu RI akhirnya memutuskan memilih satu dari tiga orang Calon Pengganti Antar Waktu (PAW) Bawaslu Sulteng untuk menggantikan Ruslan Husen.

Dari tiga calon PAW yang diundang yakni Dr. Abdul Gofur, S.Pd, M.Pd, Inong, SH.,MH dan Muh. Arman Yamin, P. S.P, MP dan telah dilakukan verifikasi berkas Calon PAW Anggota Bawaslu Sulteng, maka Bawaslu RI akhirnya memilih Inong sebagai pengganti Ruslan Husen. FUL

Komentar

News Feed