oleh

Rutin Lakukan Audit Keuangan Seluruh OPD

Palu, Indonesiakini.id – Audit pengelolaan keuangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau instansi di lingkungan Pemerintah Kota Palu rutin dilakukan, setiap tahunnya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Inspektorat Kota Palu Muliati, bahwa tiap tahunnya agenda dari Inspektorat Kota Palu melakukan audit keuangan, termasuk soal pengelolaan dana stimulant yang ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu.

“Pemeriksaan keuangan secara rutin di setiap OPD kita lakukan tiap tahunnya, termasuk soal anggaran dana stimulant yang sudah disalurkan,” ungkapnya kepada Radar Sulteng, Jumat (17/9).

Dia menambahkan, khusus penggunaan dana stimulant yang berada di BPBD Kota Palu, selama ini belum ada perintah khusus dari pimpinan untuk melaksanakan pemeriksaan lebih lanjut.

Hal ini tentu, karena dianggap penggunaan dana stimulant yang sudah keluar dan telah disalurkan kepada masyarakat penyintas beberapa waktu lalu, dianggap tidak ada masalah dalam hal proses penyalurannya.

“Belum ada perintah pemeriksaan. Biasanya ada perintah dari pimpinan (Walikota), kalau ada masalah di dalamnya,” bebernya.

Sambung Muliati, memang ada hal-hal yang dianggap masalah terkait dengan penyaluran dana stimulant kepada warga penerima, namun hal itu bisa diselesaikan langsung oleh OPD terkait.

“Ada juga sih masalah atau keluhan dari warga, tetapi umumnya soal kenapa lambat penyaluran dan masalah itu bisa diselesaikan sama mereka (BPBD Kota Palu),” bebernya.

Dia tegaskan, untuk audit pengelolaan selain dengan adanya kegiatan rutin tahunan yang dilakukan, seutuhnya pula menunggu perintah dari pimpinan untuk melakukan audit jika memang secara khusus perlu dilakukan audit atau pemeriksaan lebih lanjut.

“Insya Allah sejauh ini belum ada perintah khusus, makanya kita masih melakukan pemeriksaan secara rutin terlebih dahulu kali ini,” tegasnya.(zal)

Komentar

News Feed