oleh

Segera Hubungi Pusdalops Bagi Warga Butuh Pertolongan

PALU, INDONESIAKINI.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Palu, utamanya di kelurahan-kelurahan yang rawan terjadinya bencana alam, untuk sesegera mungkin menghubungi Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, agar mendapatkan pertolongan pertama.

Beberapa waktu lalu, intensitas curah hujan baik rendah maupun tinggi sering membasahi kota Palu, meskipun belum memperlihatkan peristiwa yang menimbulkan korban, namun perlu kiranya kewaspadaan dan kehatian-hatian dari masyarakat kota Palu selalu dilakukan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Palu Bambang Sabarsyah, menuturkan, bahwa curah hujan di kota Palu diperkirakan hingga pada bulan Agustus mendatang masih terjadi.

Untuk itu, perlulah kiranya kepada warga kota Palu agar selalu diingatkan dan bila perlu menghubungi pihak BPBD kota Palu, jika sewaktu-waktu mengalami kejadian bencana alam yang tidak terduga-duga.

“Kalau cuaca hujan di kota Palu tidak bisa ditebak, cuman perkiraan curah hujan sampai bulan Agustus tahun ini,” kata Bambang Sabarsyah kepada Indonesiakini.id kemarin, Senin (26/7).

“Kalau ada kejadian, silahkan langsung menghubungi kami (pusdalops BPBD), kami segera memberikan pertolongan pertama,” tambahnya.

Diakui Bambang, bahwa untuk Pusdalops milik BPBD Kota Palu, selalu terus memantau kejadian-kejadian yang terjadi di sejumlah titik lokasi yang mengalami kejadian bencana alam, semisal bencana alam hujan dengan disertai angin kencang dan sebagainya.

“1X24 jam kita terus memantau melalui Pusdalops, ada warga butuh pertolongan kita langsung datang,” bebernya.

Dia menagaskan, meskipun kota Palu sering diguyur oleh hujan, namun kata Bambang, daerah kota Palu bakal tidak mengalami yang namanya banjir seperti yang dialami di sejumlah daerah luar kota Palu.

“Kalau untuk kota Palu Insya Allah tidak akan banjir, palingan hanya genangan air hujan saja, setelah hujan berhenti pasti airnya juga bakal surut,” sebutnya.

“Masyarakat tetap berhati-hati dan terus menjaga diri dari potensi bencana alam yang menimbulkan korban. Yah, minimal menjaga sampai bulan Agustus mendatang,” tutupnya.(zal)

Komentar

News Feed