oleh

Wakil Gubernur Sulteng Kunjungi KRI dr. Soeharso 990

PALU, SULTENG – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Wakil Gubernur Dr. H. Rusli Dg Palabbi SH MH bersama unsur forkopimda Sulawesi Tengah mengunjungi KRI dr Soeharso-990 pada acara Cocktail Party Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat IV angkatan ke 66 tahun 2020 bertempat di Dermaga Lanal Watusampu Kota Palu, Senin 23 November 2020 malam.

Mengawali sambutan Gubernur, selaku pemerintah provinsi Sulawesi tengah, Wakil Gubernur menyampaikan selamat datang kepada para taruna-taruni tingkat IV AAL angkatan ke-66 tahun 2020 di Dermaga Lanal Watusampu kota Palu dalam melaksanakan pelatihan pelayaran jalayudha yang bertujuan mengaplikasikan pengetahuan yang sudah diterima dari akademi dengan situasi nyata di lapangan.

Kegiatan tersebut lanjut Wakil Gubernur sekaligus sebagai media promosi bagi akademi angkatan laut kepada masyarakat khususnya para pemuda dan pemudi Indonesia untuk berminat menjadi taruna maupun taruna angkatan laut untuk menjaga kedaulatan NKRI.

Diharapkan kegiatan yang sudah terprogram dalam kurikulum akademi angkatan laut dapat dimanfaatkan para taruna dan taruni tingkat IV di wilayah Sulawesi Tengah dalam rangka meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan dan pengalamannya dalam hal pelayaran, kehidupan dinas dalam kapal saat sandar dan berlayar serta pemahaman terhadap peran, fungsi dan tanggung jawab setiap departemen di kapal.

Lebih lanjut Wakil Gubernur menyatakan, Provinsi Sulawesi Tengah memiliki wilayah yang strategis bagi pengembangan sektor kelautan dan pariwisata bahari juga sebagai provinsi maritim yaitu provinsi yang mampu memanfaatkan sumber daya kelautan secara berkelanjutan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Untuk itu kepada seluruh taruna dan taruni angkatan ke-66 baik dari pusat pendidikan pelaut maupun dari pusat pendidikan teknik yang berada di Sulawesi Tengah diharapkan dalam pelatihan praktek dapat memperoleh pengetahuan, pengalaman dan kesan-kesan positif yang dapat meningkatkan kematangan jiwa bahari, semangat kejuangan dan wawasan kebangsaan bagi taruna-taruni sebagai calon prajurit matra laut yang berdedikasi, loyal dan mampu menghayati arti penting laut sebagai media pemersatu bangsa dan simbol kedaulatan NKRI yang harus dijaga dan dipertahankan dengan segenap jiwa raga.

“Oleh sebab itu, praktek lapangan menjadi hal penting bagi taruna-taruni yang merupakan penjabaran dari teori yang sudah diterima di kelas, karena itu saya berharap dalam praktek nantinya para siswa agar menggunakan kesempatan yang sangat berharga untuk berlatih dengan sungguh-sungguh disertai dengan semangat disiplin yang tinggi sehingga tujuan dan sasaran dari latihan praktek dapat tercapai serta berguna dalam melaksanakan tugas di masa mendatang,” harap Wakil Gubernur.

Sebelumnya, Dirambang AAL, Kol. Fery Supriadi dalam laporannya menyampaikan para Taruna dan taruni yang berjumlah 77 orang tengah mengikuti kegiatan pelayaran jala Yudha, sebelumnya mereka telah mengikuti Latek dan operasi di Ambalat gan tinggal satu event yang akan dilakukan yakni latihan pendaratan di Bondongan.

Direncanakan hari Rabu pagi, 25 November 2020 Taruna dan taruni KRI dr soeharso 990 akan bertolak ke Bonongan dan bulan Maret 2021 mendatang para taruna dan taruni telah menyelesaikan pendidikannya dan akan dilantik menjadi Perwira Angkatan Laut.

Sekedar untuk diketahui, pagi sebelumnya (23/11) puluhan taruna-taruni yang didampingi Dirambang AAL, Kol. Fery Supriadi dan Kadepim AAL, Kol. Anom melakukan kunjungan di kantor Gubernur dan secara langsung diterima Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Dr. H. Rusli Dg Palabbi SH MH didampingi Pj Sekdaprov Mulyono, SE, Ak, MM.

Kunjungan perwakilan para taruna dan taruni dalam rangka silaturahmi serta menimba pengalaman berkaitan mitigasi bencana serta pencegahan penyebarluasan pandemic covid-19 di Sulawesi Tengah sekaligus menyampaikan undangan secara langsung kepada Wakil Gubernur untuk berkunjung ke KRI Dr Soeharso 990 sekaligus mengikuti acara Cocktail party.

(Biro Humas dan Protokol)

Komentar

News Feed