Tetra Pak Kembangkan Pasar Minuman Ready-to-Drink di Pasar Asia

JAKARTA | Tetra Pak, perusahaan pengolahan dan pengemasan makanan dan minuman (mamin), Rabu (19/1/2024) mengenalkan potensi pertumbuhan segmen Ready to Drink (RTD) melalui acara Innovation Starts Here. Acara ini mempertemukan para pelaku industri mamin guna mengeksplorasi peluang pertumbuhan pasar dan strategi bisnis RTD yang berkembang pesat di Malaysia, Singapore, Philipines, dan Indonesia.

Data menunjukkan, pasar RTD pada tahun ini mencapai US$2,2 triliun dan diharapkan mengalami pertumbuhan kumulatif tahunan (CAGR) lebih dari 5% di 2028 mendatang. Meningkatnya mobilitas masyarakat yang sejalan dengan perubahan gaya hidup yang cepat dan sibuk saat ini, menjadi faktor pendorong akan tingginya permintaan mamin yang praktis dan mudah diakses.

Hal ini membuat tren konsumsi mamin on-the-go juga semakin populer, dan sejalan dengan banyaknya produk siap saji dan mudah dikonsumsi. Asia Tenggara menunjukkan lanskap pasar yang unik, di mana minuman RTD berbasis teh dan kopi menjadi salah satu pilihan konsumen.

Laporan menunjukkan, pasar teh dan kopi RTD di wilayah ini diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan, mencapai US$8,7 miliar pada 2028 mendatang. Pertumbuhan ini didorong CAGR 7,58%, yang menandakan pasar yang dinamis dan sangat menguntungkan. Pertumbuhan ini menegaskan pentingnya Finovasi dalam mempertahankan dan mempercepat pertumbuhan ini.

Memahami akan dinamika yang unik ini, Innovation Starts Here membahas tantangan yang terus berkembang yang dihadapi industri mamin di mana konsumen muda menuntut lebih banyak dari minuman mereka. Hal ini mencakup permintaan yang semakin meningkat untuk pilihan yang lebih sehat, kenyamanan dan kemudahan, dan kemasan yang mendukung keberkelanjutan.

 

(nugi)