Forum Anak Kota Batam Dilibatkan dalam Musrenbang 2023

Musrenbang RKPD tahun 2023 di Hotel Radison Batam, Senin (20/3). (Ist)

BATAM (INDONESIAKINI.id) – Kota Batam, menjadi salah satu kota yang berkomitmen mewujudkan Kota Layak Anak salah satunya dalam memenuhi kepentingan anak melalui gerakan edukasi dan partisipasi anak sebagai amanat konstitusi.

Hal itu ditunjukkan oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat melibatkan peran anak-anak Kota Batam yang tergabung dalam Forum Anak Kota Batam (FAKB) untuk ikut sebagai peserta Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2023 yang di gelar di Hotel Radison, Senin (20/3/2023).

Rudi menuturkan pelibatan forum anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) dengan memberikan ruang pembelajaran tentang program perencanaan pembangunan Kota Batam kedepan.

“Jadi forum anak ini bisa mendapatkan pemahaman dan kejelasan perencanaan pembangunan Kota Batam tahun 2024 yang kita lakukan,” katanya.

Ia berharap, keikutsertaan forum anak dalam musrenbang sebagai bentuk upaya partisipasi anak dalam pembangunan daerah mampu mewujudkan hak-hak anak dalam setiap rencana pembangunan.

“Saya senang mereka aktif, dan memiliki keinginan ketahuan yang tinggi. Musrenbang ini memberikan pengalaman banyak hal bagi mereka saat menyampaikan ide-ide kreatif dalam proses mewujudkan pembangunan di Batam menjadi Kota Modern dan Sejahtera,” ujarnya.

Ayudia Hadi Ningrum yang merupakan perwakilan dari Forum Anak Kota Batam (FAKB) menyampaikan rasa bangga dan senangnya kepada bapak Wali Kota Batam Muhammad Rudi yang memberikan kesempatan kepada anak-anak Kota Batam ikut berperan dalam mewujudkan pembangunan Kota Batam.

“Melalui kegiatan ini, kami merasa dilibatkan secara langsung dalam rencana pembangunan Kota Batam. Kami menjadi tahu pembangunan yang dilakukan baik Pemko Batam dan BP Batam kedepan.” ujarnya

Diantaranya yang dipaparkan beliau (Muhammad Rudi) pembangunan terminal 2 Bandara Hang Nadim yang bertaraf Internasional dan juga di kembangkan menjadi hub logistik, pembangunan infrastuktur jalan menjadi 5 lajur kanan dan kiri dan pembangunan Flyover Sei Ladi sehingga dapat mengurai kemacetan di Kota Batam.

Selanjutnya, perencanaan pembangunan Pelabuhan Kontainer Batu Ampar, rencana pembangunan instalasi pengelolaan air (Water Treatment Plant-WTP) dan jaringan pipa di waduk Duriangkang, Monggak dan Tembesi.

Kemudian terakhir, pemaparan perkembangan pertumbuhan ekonomi dan kunjungan wisman Kota Batam dalam 5 tahun terakhir.

“Kami melihat bahwa setiap terlaksananya Pembangunan yang dilakukan oleh Bapak Muhammad Rudi akan dirasakan oleh seluruh masyarakat di Kota Batam termasuk anak-anak di dalamnya,” ungkapnya.

Reporter: Apri TJ